Mengambil dan Memproses Pesanan

 

Pesanan  dari  konsumen  atau  pelanggan  akan  terjadi apabila adanya usaha-usaha yang  dilakukan   oleh   berbagai  pihak  yang  saling  berkaitan. Pemasaran produk yang dilakukan  oleh  salesman  atau  wiraniaga  membantu  mengawali  dalam  hal  pemasaran produk.  Adanya  media  massa  yang  sangat  mendukung bagi kegiatan promosi produk, melalui  periklanan,  brosur, pamflet, dan bentuk promosi lainnya sangat mendukung bagi proses  penjualan. Untuk  memudahkan  dalam  melayani  kebutuhan  konsumen  atau pelanggan   perlu   dibuat   catatan   yang   dapat   digunakan   sebagai alat kontrol. Selain kebutuhan  barang  dan  jasa  yang  dibutuhkan  oleh  konsumen telah disiapkan pula oleh penjual sesuai dengan nota atau catatan penjualan. Hal lain yang harus diperhatikan oleh penjual adalah identitas pelanggan untuk mempermudah pengiriman barang. Setiap  pesanan  yang  datang  merupakan  awal  dari terjadinya transaksi penjualan, oleh sebab itu setiap pesanan harus mendapat perhatian yang maksimal sehingga tidak terjadi  kekeliruan. Identitas lain  yang  ada  kaitannya  dengan  pengiriman barang adalah tempat  tujuan  barang.  Alamat  harus  jelas  sehingga  barang  akan  sampai  pada tujuan secara  tepat.  Pengambilan  pesanan  yang  dilaksanakan  oleh  waiter  pergunakan sistem yang disebut “Triplacate” dimana pesanan baik untuk makanan ataupun minuman ditulis pada buku pesanan (restaurant order) yang dibuat rangkap tiga. Dalam pelaksanaannya dapat diuraikan sebagai berikut:

1. Lembaran yang asli (the top copy) akan dikirim dan diserahkan kepada petugas dapur untuk mendapatkan makanan.
2. Lembaran kedua (the duplicate) dikirim ke kasir untuk dipergunakan sebagai data dalam tamu (guest’s bill).
3. Lembaran terakhir akan dibawa oleh pramusaji, sebagai petunjuk untuk menata peralatan di atas meja tamu dan keperluan service.

Bentuk restoran order dan keterangan-keterangan yang terdapat di dalamnya adalah :
1. Nama restoran/bar
2. Nomor meja/kamar
3. Jumlah tamu
4. Tanggal
5. Kode pramusaji
6. Nomor rekening
Mengambil dan Memproses Pesanan Sumarna Almarogi Pesanan  dari  konsumen  atau  pelanggan  akan  terjadi apabila adanya usaha-usaha yang  dilakukan   oleh   berbagai  pihak  yang  saling ...