Wisata Kuliner di Pulau Lombok

 

Wisata kuliner di Lombok - Wisata Kuliner Terfavorite Khas Lombok - Wisata kuliner Lombok yang terkenal. Ulasan ini akan mengantarkan anda bernostalgia jalan jalan ke Pulau Lombok yang terletak di Ujung Timur Indonesia. Makanan khas Lombok cukup beragam sekali mulai dari masakan yang memiliki rasa yang manis, sampai masakan khas Lombok yang pedas. Beberapa menu masakan khas Pulau Lombok yang sayang anda lewati ketika berkunjung ke pulau Lombok.
Ok, jika kita berwisata atau traveling ke suatu daerah rasanya tidak lengkap jika hanya menikmati pesona alamnya saja, misalnya pesona keindahan pantai di Lombok, namun menu masakan khas daerah itu juga sangat perlu untuk di cicipi. Di Pulau Lombok mislanya yang memiliki makanan khas agak pedas karena sesuai dengan julukanya Lombok bahasa jawanya cabe “Pedas”.

Apa saja sih makanan atau kuliner khas dari Pulau Lombok ? Yuk ikuti ulasnya dibawah ini :
Wisata Kuliner Terfavorite Khas Lombok
1. Bebalung


Jika anda sering menyantap iga bakar, nah bealung ini hampir sama dengan iga bakar namun makanan khas Lombok ini berbahan dasar iga yulan sapi dengan campuran beberapa bumbu seperti : cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, dan jahe. Dalam penyajiannya, bebalung disajikan di dalam mangkok dengan taburan bawang goreng di atasnya. 


2. Ayam Taliwang

Rumah makan khas ayam taliwang khas Lombok, mungkin ini spanduk yang anda temukan ketika berada di Pulau jawa, masakan bahan dasar ayam ini memang sangat terkenal sekali sampai ke Plosok Negri. Tentunya anda ingin menyicipinya langusng dari asal muasalnya yaitu Lombok. Ayama taliwang ini bisa diolah dengan dua cara bisa di bakar dan digoreng dari segi rasa agak pedas dan dicampuri dengan beberapa lalapan seperti terong, kangkung khas Lombok, mentimun daun kemangi atau orang Lombok sering meyebutnya dengan bebrok ayam. Jika anda ingin mencoba membuat masakan Ayam Taliwang .

3. Plecing Kangkung


Percaya gak percaya kangkung jawa dan Lombok memiliki perbedaan yang mencolok. Pengalaman saya kangkung jawa memiliki batang yang agak keras dan kecil kecil dan sedikit atos sedangkan kangung Lombok memiliki batang yang empuk, lunak dan besar. Pelecing kangkung begitu orang Lombok menyebunya makanan yang satu ini lahir dari olahan kacang, kecap, kangkung dan ragi yang sudah khas cita rasa Lombok tulen. 

4. Ares
Ares ini biasa ditemukan ketika ada acara hajatan suku sasak, seperti ada acara nikaha, sunatan dll. Sekrang ares menjadi kuliner khas Lombok yang jarang dietmukan didaerah lain.Bahan dasara masakan ini adalah daun pisang muda yang di Iris kemudian dicampur dengan santan dan rampah-rempah. Kualitas rasa gak bisa disepelakan coy. Gurih sedap, pedas adalah rasa yang ada pada lidah anda ketika mecicipi masakan ini. Ares merupakan sayuran khas pulau Lombok yang bahan utamanya

5. Nasi Puyung

Di Lombok sendiri ada beberapa wilayah ada Lombok barat, tengah, timur dan uatar, Nah,,nasi puyung ini sebenaarnya adalah maskan khas orang Lombok tengah saya juga tidak begitu ngerti dengan masakan ini, katanya sih masakan nasi puyung memiliki cita rasa Kuliner Khas Lombok banget. Nasi puyung bisanya disajikan dengan suwiran ayam yang dimasak bersama dengan kacang kedelai, abon, cabai, udang kering, dan juga belut goreng. 

Yah inilah sobat bahasan kita tentang beberapa masakan kuliner khas Lombok yang mungkin bisa menjadi pilihan anda dalam memanjakan lidah anda ketik wisata ke Pulau Timur Indonesia ini. Selamat berwisata dan semoga liburan anda menyenangkan.

Wisata Kuliner di Pulau Lombok hera wati W isata kuliner di Lombok - Wisata Kuliner Terfavorite Khas Lombok - Wisata kuliner Lombok yang t...