Proses Pengolahan Dengan Menambahkan Bahan Makanan

 

Proses pengolahan dengan menambahkan bahan tambahan makanan - Dalam mengolah makanan, umumnya ditambahkan bahan tambahan lain dengan tujuan meningkatkan rasa atau penampilan makanan. Penambahan ini hanya dalam jumlah yang sedikit saja, oleh karena itu disebut bahan tambahan makanan atau zat aditif makanan. Bahan tambahan makanan bisa berupa pewarna, penyedap, pengawet, antioksidan, pengemulsi, penggumpal, pemucat, pengental, dan anti gumpal. 

Ada juga bahan tambahan yang digunakan untuk tujuan pengawetan seperti penambahan garam, gula, sodium nitrat, sodium nitrit, dan pengasapan. Secara umum zat aditif makanan dapat dibagi menjadi dua yaitu zat aditif sengaja dan zat aditif tidak sengaja. Zat aditif sengaja yaitu zat aditif yang diberikan dengan sengaja dengan maksud dan tujuan tertentu, seperti untuk meningkatkan nilai gizi, cita rasa, mengendalikan keasaman dan kebasaan, memantapkan bentuk dan rupa, dan lain sebagainya. 

Sedangkan zat aditif tidak sengaja yaitu zat aditif yang terdapat dalam makanan dalam jumlah sangat kecil sebagai akibat dari proses pengolahan. Misalnya aroma daging dan asap pada sate, atau timbulnya warna coklat pada bahan yang digoreng. Bila dilihat dari sumbernya, zat aditif dapat berasal dari sumber alamiah seperti lesitin, asam sitrat, dan lain-lain. Dapat juga disintesiskan dari bahan kimia yang mempunyai sifat serupa dengan bahan alamiah yang sejenis, baik susunan kimia maupun sifat metabolismenya seperti karoten, asam karbonat, dan lain-lain.

Pada umumnya bahan sintesis mempunyai kelebihan yaitu lebih pekat, lebih stabil, dan lebih murah. Walaupun demikian ada kelemahannya yaitu sering terjadi ketidaksempurnaan proses sehingga mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan, dan kadang-kadang bersifat karsinogen yang dapat merangsang terjadinya kanker pada hewan dan manusia.
Proses Pengolahan Dengan Menambahkan Bahan Makanan Sumarna Almarogi Proses pengolahan dengan menambahkan bahan tambahan makanan - Dalam mengolah makanan, umumnya ditambahkan bahan tambahan lain dengan tuju...