Service from a deep dish

 

Menyajikan atau memindahkan makanan dari pinggan yang dalam (deep dish) dengan  mempergunakan service spoon dan fork ke piring tamu, adalah sedikit berbeda dengan penyajian yang mempergunakan pinggan yang datar (flat dish).

Perbedaan ini terletak pada :
a. Posisi service spoon dan fork pada saat memindahkan makanan dari deep dish ke piring tamu, adalah agak menyudut.

b. Sebelum makanan dihidangkan, ada kalanya terlebih dahulu membagi menjadi beberapa porsi sebagai contoh penghidangan pie.

c. Sering terjadi dua atau lebih dari jenis makanan khususnya sayur-sayuran dihidangkan dari tempat yang sama yang mempunyai bagian terpisahkan.

d. Jenis alat dan equipment yang diperlukan untuk melaksanakan service dari deep dish tersebut adalah :
Jenis deep dishes yang biasa terdapat di restoran:
1) Casseroles
2) Vegetable dishes
3) Pie dishes
4) Timbalo

e.  Perlihatkanlah makanan yang berada pada deep dish tersebut kepada tamu/host.

f.  Setelah dilihat oleh tamu atau host dan mendapat persetujuan, bawa kembali ke side station dan potonglah menjadi beberapa porsi dengan ukuran yang sama, dengan jalan hulu pinggiran yang keras dari makanan tersebut, dan kemudian potonglah dalam porsi yang sama.

g. Angkatlah kembali deep dish tersebut lengkap dengan under linernya dari side station letakkan pada telapak tangan kiri yang tertutup oleh service cloth. Dan perhatikan keseimbangan.

h. Ambillah service spoon dan fork dengan posisi kedua tangkainya berada di tengah-tengah telapak tangan kanan: jari manis dan kelingking; dimana service spoon dibantu dengan jari tengah, dan service fork harus dipegang kuatkuat antara telunjuk dan ibu jari.Gerak service spoon dan fork, baik menutup dan membukanya diatur oleh telunju

Tujuan mempergunakan under liner adalah:
1) Lebih mudah membawanya
2) Dapat menampung tumpahan/tetesan
3) Melindungi tangan dari kepanasan.
4) Service spoon dan fork
5) Service cloth
6). Dinner plates dan Dessert plates.
Service from a deep dish Sumarna Almarogi Menyajikan atau memindahkan makanan dari pinggan yang dalam (deep dish) dengan  mempergunakan service spoon dan fork ke piring tamu, adala...