Minuman TEQUILA Terbaru

 

Minuman TEQUILA Terbaru - TEQUILA Adalah minuman asli Mexico yang terbuat dari tanaman Agave jenisnya blue agave, Tequila adalah nama kota di Mexico yang terkenal menghasilkan minuman jenis Vino mescal dan vino mescal yang terbaik adalah yang berasal dari kota Tequila jadi jika vino mescal tidak berasal dari tequila tidak boleh disebut dengan TEQUILA.

Blue agave banyak tumbuh di Mexico, untuk membuat tequila yamg di butuhkan adalah batang pohonya setelah daunnya di pangkas dan tinggal bonggolnya saja yang menyerupai nanas kemudian di buat juice agave dan juicenya ini yang di fermentasikan menghasilkan minuman setara dengan wine atau bir yang di sebut dengan PULQUE, setelah itu baru di distilasi menjadi VINO MESCAL.

Tequila termasuk kedalam katagori “mezcal”, yaitu spirits khas Mexico yang terbuat dari “agave” (sejenis kaktus) yang ditempat asalnya disebut “maguey”. Mezcal belum tentu tequila karena tequila hanya dibuat dari jenis agave khusus yaitu “Blue Agave” atau dikenal juga dengan istilah “Agave Tequilana”. Produksi tequila terbesar berasal dari daerah Jalisco (salah satu negara bagian di mexico) karena di daerah inilah “blue agave” tumbuh subur.

Proses pembuatan tequila dilakukan melalui 2 tahapan, yaitu fermentasi dan destilasi (penyulingan). Beberapa destiler mencampurkan hasil penyulingan “blue agave” dengan hasil suling dari jagung seperti halnya whiskey, tetapi ada juga yang murni. Setelah semua proses berlangsung, hasil destilasi tersebut kemudian disimpan di dalam tong kayu oak sampai dengan tiga tahun sebelum dipasarkan.

KLASIFIKASI TEQUILA

ORO atau emas
Yang perlu diketahui:
  • Oro bukan tingkatan paling tinggi, justru salah satu dari yang inferior. Emas lebih mencerminkan warna yang ditampilkan oleh tequila jenis ini.
  • Oro adalah jenis yang tidak di-aging. Warna aslinya adalah bening yang ditambahkan campuran rasa dan warna “woody”.





BLANCO atau PUTIH
  • Katagori ini disebutjuga sebagai plata atau perak, juga tidak melalui proses “aging”.





REPOSADO atau DISIMPAN
  • Tequila yang masuk katagori ini minimal harus melalui proses “aging” selama 2 bulan sampai dengan 1 tahun.





ANEJO atau “AGED”
  • Menampilkan warna yang lebih kecoklatan hasil dari proses penyimpanan antara 1 sampai 3 tahun di dalam oak barrel.




MADURO atau “ULTRA-AGED”
  • Tequila yang masuk kedalam katagori ini minimal harus melalui proses “aging” selama 3 tahun sebelum dipasarkan.
  • Proses penyimpanan yang cukup lama akan menghasilkan karakter tequila yang smooth dan elegan.




CARA TEQUILA DI SAJIKAN
  • Tequila pada umumnya disajikan pada temperatur ruangan tetapi ADA JUGA yang melarang menikmatinya dalam keadaan dingin.
  • Kebiasaan meminum tequila dengan irisan lemon dan garam bukanlah sesuatu yang original, gaya ini dipopulerkan oleh bintang film holiwood.
  • Pada umumnya tequila disajikan dalam shot glass, tetapi sudah mulai diperkenalkan gelas snifter (serupa sour glass) untuk menyajikan tequila khususnya untuk yang masuk klasifikasi “Anejo”.
Minuman TEQUILA Terbaru Sumarna Almarogi Minuman TEQUILA Terbaru -  TEQUILA  Adalah minuman asli Mexico yang terbuat dari tanaman Agave jen...