Bahan untuk Hidangan Nasi dan Mie Indonesia

 

Bahan untuk Hidangan Nasi dan Mie Indonesia - Setelah kemarin kita membahas mengenai jenis hidangan nasi dan mie indonesia. Sekarang tahap selanjutnya yaitu Bahannya, yaaaapzzz.... mudah-mudahan dalam kesempatan kali ini kita bisa merasakan suasana masakan tradisional Indonesia. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa digunakan untuk makanan nasi dan mie :

a. Bahan makanan nasi
Bahan makanan yang digunakan untuk membuat hidangan nasi adalah beras. Beras merupakan bahan makana yang dihasilkan dari padi. Beberapa jenis padi yang terkenal antara lain biji panjang, biji sedang, dan biji pendek. Biji panjang lebih sering direbus atau digoreng sementara itu biji pendek lebih disukai untuk pudding beras. Milled rice (padi yang digiling). Adapun jenis-jenis padai yang ada di pasaran :

1) Brown rice (padi cokelat) merupakan padi yang dihilangkan sekamnya tetapi mempertahankan germ dan seluruh kulitnya.
2) Polished atau white rice (padi yang digosok/padi putih) merupakan padi yang lapisan cokelat dan sekamnya telah hilang.
3) Unpolised rice (padi tanpa digosok) merupakan padi yang sekam dan germnya sedikit dihilangkan pada proses penggilingannya.
4) Converted rice merupakan padi varietasnya paling popular digunakan pada servis penyajian makanan. Nilai nutrisinya tinffi dan ketika dimasak bentuk dan teksturnya tetap.
5) Precooked atau nasi instant tidak begitu bagus, dan nilai gizinya relative rendah.

b. Bahan makanan mie
Dilihat dari bahan dasarnya mie dapat dibuat dari berbagai macam jenis tepung, seperti tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, tepung kacang hijau dll. Dari beberapa tepung yang digunakan dalam pembuatan mie diatas tepung yang paling domiaan digunakan adalah tepung terigu. Mie yang menggunakan telur disebut mie telur, karena orang Indonesia lebih suka mie yang lentur maka ke dalam adonan ditambahkan air abu. 

Pemakaian air abu inilah yang sering menentukan rasa mie, enak atau kurang enak. Air abu yang kebanyakan bisa membuat mie tambah lentur, namun penambahan air abu yang kebanyakan kurang baik bagi kesehatan dan menimbulkan rasa mie yang kurang enak. Cara lain untuk menjadikan mie menjadi lentur yaitu dengan ditambahkan tepung kanji.
Bahan untuk Hidangan Nasi dan Mie Indonesia Sumarna Almarogi Bahan untuk Hidangan Nasi dan Mie Indonesia - Setelah kemarin kita membahas mengenai jenis hidangan nasi dan mie indonesia. Sekarang tahap...