Wisata Kuliner di Jogja Paling Mantap

 


Tempat Wisata Kuliner di Jogja Paling Mantap - Wisata Kuliner Jogja memiliki keunikan tersenndiri, selain dikenal sebagai kota pelajar, di Jogja juga banyak sekali kita temukan wisata kuliner yang enak dan mantap. Sebelumnya saya pernah menulis tentang "Tempat Wisata Terpopuler di Jogja", dalam kesempatan ini saya akan melanjutkan dengan tema yang tidak jauh dari wisata yaitu "Wisata Kuliner ". Ketika kita mendengar nama kota Yogyakarta mungkin yang terbersit dalam pikiran kita jika kota ini adalah kota pelajar, namun ada beberapa keunikan yang masih tersimpan di kota Yogyakarta. Salah satunya adalah wisata kuliner khas Jogja, wisata budaya, wisata pendidikan dan wisata tempat-tempat yang sangat menarik dan bersejerah. Dalam tulisan ini saya akan memberikan gambaran bagi anda tentang tempat-tempat wisata kuliner yang ada di Jogja.

Wisata Kuliner di Jogja

1. Gudeg Jogja
wisata kuliner di jogja
Gudeg merupakan makanan khas jogja yang paling terkenal, sampai-sampai kota ini diberi julukan kota gudeg. Banyak wisatawan lokal maupun yang berasal dari luar ingin menikmati makanan khas jogja yang satu ini. Gudeg di jogja bisa anda temukan hampir disepanjang jalan di daerah kota yogyakarta. Ada beberapa nama tempat makan yang sangat khas sekali dengan kuliner yang satu ini antaranya :
Gudeg Yu Djum, inilah nama gudeg yang sangat familiar di joga, ketika anda berjalan atau melewati daerah Kampus UGM, Jl kaliurang pasti anda akan melihat baliho besar yang bertuliskan “Gudek Yu Djum”. Jika anda sempat berwisata ke Jogja dan ingin menikmati makanan ini maka cobalah anda mampir di tempat gudeg Yu djum.
Gudeg Pawon, ini juga sangat terkenal di jogja dan namanya sangat gampang sekali untuk di kenali. Gudeg pawon atau gudeg di dapur juga tidak kalah nikmatnya dengan gudeg yang lainya. Jika anda sedang berwisata dan mau mencoba sensai dari gudeg pawon anda bisa mampir langsung di Jl. Janturan berdekatan dengan Pamell Swalayan Jl. Kusumanegara.
  
2. Angkringan
Angkringan adalah salah satu tempat wisata kuliner di jogja yang terkesan sederhana, murah dan wajib anda coba. Angkringan di jogja sangat banyak sekali anda jumpai terutama di daerah kampus-kampus di kota Yogyakarta. Disini anda bisa memesan berbagai jenis makanan dan yang paling terkenal adalah nasi kucing. Nasi yang dibungkus kecil dengan harga yang sangat miring, dulu harga nasi kucing Rp 1000 tapi sekarang sudah naik menjadi 1500, bagi anda yang ingin mencoba sensasi makanan ini cukup dengan merogok kocek 5000 anda sudah puas ditambah dengan satu gelas es teh manis.
3. Soto Khas Joga
Soto di Jogja bagi saya memiliki perbedaan dengan soto di daerah yang lainya.Soto di jogja yang menggunakan nasi dan ditambah banyak bumbu yang lainya sangat menarik untuk anda nikmati. Di Jogja banyak sekali soto yang sudah terkenal, misalkan : Soto Kadipiro yang berada di utara jalan ( satu deret dengan pom bensin ). Soto Ayam yang tidak bersantan ini berdiri sejak tahun 1921, dibangun oleh Pak Karto Wijoyo. Soto Pak Man yang berada di samping kos saya di Jalan Affandi No 5 sebelah kampus FIS UNY dan masih banyak yang lainya.

4. Resto Bale Raos
Di Resto ini anda akan menemukan sensasi yang berbeda dan terkesan mewah. Jogja yang terkenal dengan kesultananya mulai dari Sultan Hemengkubuwono XIII hingga yang sekarang. Apakah anda tahu makanan apa saja yang di sukai sama Sultan Jogja ? namun anda masih bingung dimana bisa menemukanya maka jawabanya di sini “Resto Bale Raos”.

5. Oseng - Oseng Mercon
Sesuai dengan nama belakang makanan ini Mercon, yah,, memang sensai yang ditawarkan makanan yang dinamakan oseng-oseng mercon ini lebih ke sisi rasa pedas yang mampu menggoyang lidah anda. Jika anda penikmat makanan pedas maka Oseng-oseng mercon bisa menjadi pilihan anda. Ada banyak jenis oseng-oseng mercon yang disediakan di Jogja, misalkan : Oseng-oseng Mercon Ayam bakar, goreng dan masih banyak yang lain.

6. Sate Klatak
Jogja juga memiliki makanan khas berupa sate yang dinamakan dengan” Sate Klatak”, Bagi anda penikmat daging ayam, sapi, yang dibakar anda bisa mencoba rasa lezat dari sate klatak ini, daging yang dibakar sangat lembut dan tidak kalah nimkat dengan makanan di hotel berbintang.

7. Brongkos
Brongkos ini merupakan makanan khas jogja yang berupa sayuran, Bagi anda yang sedang daet tentu saja Brongkos bisa menjadi pilihan anda dalam menghabiskan waktu traveling anda di Jogja, sebagai info saja Brongkos ini adalah makanan yang sangat di sukai oleh Sultan Hamengkubuwono X.

8. Kopi joss
Kopi joss khas Jogja ini memang aneh dan harus anda coba. Asal muasal dinamakan kopi joss adalah dari model pembuatan kopi ini yang sedikit berbeda.  Kopi joss merupakan kopi hitam yang ditambahkan arang panas sehingga menimbulkan suara ‘joss’ ketika dimasukkan. Jika anda ingin merasakan senasi dari kopi joss maka silahkan mampir di  Jalan Mangkubumi Yogyakarta, tepatnya di sebelah utara stasiun tugu.Inilah sedkit bahasan tentang wisata kuliner di Kota Yogyakarta yang paling mantap. Semoga bisa menjadi pilihan anda ketika menghabsikan waktu liburan di Kota Pelajar ini.
Wisata Kuliner di Jogja Paling Mantap hera wati Tempat Wisata Kuliner di Jogja Paling Mantap - Wisata Kuliner Jogja memiliki keunikan tersenn...