Tips Aman Saat Traveling

 

Tips Cara aman saat traveling - Ketika anda mulai mengalami candu traveling, backpaker, atau berpergian jauh tentu ada satu hal yang harus anda perhatikan yaitu tips atau cara yang anda lakukan supaya perjalanan anda aman dan nyaman sampai tujuan.. Saya rasa ini adalah hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan. Faktor keamanan merupakan hal yang nomer satu ketika kita sedang dalam perjalanan atau sedang berada dalam suatu tempat. 

Alasan utama yang menjadikan faktor keamanana menjadi yang pertama adalah karena ketika traveling kita akan menemukan lingkungan baru, kondisi alam yang berubah berdasarkan perubahan cuaca yang tidak menentu, tentu saja hal ini membutuhkan perhatian khusus
 

Banyak orang yang mengabaikan faktor keselamatan ketika berpegian jauh dan mengalamai hal-hal yang tidak diinginkan, kata orang bijak sedia payung sebelum hujan, maka siapkanlah alat kemananan sebelum terjun ke dunia traveling.

Tips aman traveling

Dalam tulisan ini saya akan memberikan tips yang harus anda lakukan, perhatikan dan amati sebelum anda memutuskan menekuni dunia traveling.

Persiapan dan perlengkapan yang matang
Sebelum anda memutuskan untuk mengunjugi sebuah obyek wisata atau daerah tujuan anda traveling anda harus memperhatikan persiapan apa saja yang akan anda butuhkan ketika berada di perjalanan dan  ketika sampai di tujuan. Misalkan ketika anda memutuskan traveling ke daerah pegunungan. Maka yang wajib ada adalah : Tas gunung, Sepatu, baju yang tebal, obat-obatan, makanan ringan, alat pemotong, kompas, alat komunikasi yang tahan banting dan memiliki sinyal kuat, topi penutup kepala, masker, tenda dan perbekalan selama anda berada di jalan dan ketika sudah sampai pada tujuan.

Memprediksi Cuaca
Ini juga sangat penting bagi anda yang hobi traveling ke dataran tinggi terutama pegunungan. Anda harus hafal betul bagaimana kondisi cuaca ketika anda akan muncak. Cuaca sangat berpengaruh terhadap faktor keamanan tim dan  individu ketika traveling. Seperti yang kita ketahui jika Indonesia sangat terkenal dengan sirkum pegunungan yang aktif atau sering di kenal dengan lingkarang cincin api ( the ring of fire). Sebelum anda memutuskan untuk traveling cobalah pelajari dan cari informasi selengkap-lengkapnya tentang kondisi dan cuaca di tempat itu.

Pengetahuan rute
Jika anda hobi travling saya rasa rute perjalanan bukan menjadi sebuah masalah yang berarti. Namun jika anda masih baru menkuni hobi ini maka anda harus hafal betul rute tujuan yang akan anda kunjungi. Ada beberapa macam rute, ada rute yang biasa di gunakan dan rute alternative. Ke dua model rute ini anda harus hafal meskipun kebanyakan obyek wisata menyediakan jasa tour guide sebagai pemandu namun anda harus mengeluarkan kocek atas jasa mereka. Memang perkembangan zaman sat ini makin canggih dengan menghidpukan GPRS di Hp anda maka rute akan terlihat jelas, namun ingat ketika anda berada dalam tempat yang tinggi bisa saja Hp anda mati dan GPRS tidak berfungsi maksimal.

Keampuan berkomunikasi
Ini lebih mengarah pada model intraksi ketika anda berada dalam suatu tempat yang asing dan belum pernah anda kunjungi. Anda harus faham bagaiamana kondisi masyarakat sekitar tempat traveling anda. Misalkan saja ketika anda traveling ke daerah Bromo, masyarakat tengger pada umumnya memiliki ucapan salam yang berbeda. Ketika anda berintraksi dengan masyrakat sana maka salam anda harus diganti dengan “ Hong Ulun basuki Langgeng”. Jika anda salam dengan menyebut “ Asalamualaikum”, Selamat siang, Selamat malam maka jangan harap anda akan di terima sama masyarakat di sana.

Koordinasi Tim yang solid
Jika anda traveling bersama teman atau sebuah komunitas ada baiknya anda memperhatikan kekompakan dalam setiap komunitas anda. Komunikasi yang baik dan kompak akan membuat anda merasa nyaman ketika traveling. Inilah 5 hal yang harus anda perhatikan sebelum anda melakukan traveling, semoga bisa bermanfaat bagi anda para maniak traveling. Salam 
Tips Aman Saat Traveling hera wati Tips Cara aman saat traveling - Ketika anda mulai mengalami candu traveling, backpaker, atau ber...