Sertifikasi dan Konsep Biaya

 

Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Sertifikasi dan Konsep Biaya. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Sertifikasi dan Konsep Biaya?  pasti ada yang tau dan ada yang tidak, untuk anda yang tidak atau kurang tau mengenai Sertifikasi dan Konsep Biaya mari kita bahas bersama-sama.

Konsep Biaya 
Biaya (cost) adalah sejumlah pengorbanan sumber daya ekonomi (kas atau ekuivalen kas) untuk melakukan suatu kegiatan yang diharapkan akan menghasilkan manfaat ekonomi (pendapatan) di masa yang akan datang. Sejumlah kas yang dikeluarkan untuk membeli bahan baku akan menjadi biaya bahan baku tersebut. 

Demikian juga upah tenaga kerja yang dibayarkan dan overhead pabrik yang digunakan untuk memproduksi produk jadi merupakan biaya produk jadi tersebut. Sebelum terjual, produk jadi tersebut merupakan aktiva yang disajikan di neraca sebesar biayanya. Jika produk jadi tersebut terjual, maka biaya yang melekat padanya akan disajikan sebagai beban (expense) di laporan rugi laba. 

Sertifikasi 
Ada tiga bentuk sertifikasi utama yang tersedia bagi akuntan manajemen, yaitu: CMA (Certified Management Accountant), CPA (Certified Public Accountant) dan CIA (Certified Internal Accountant). CMA adalah sebuah sertifikasi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan khusus bagi akuntan manajemen. Penghargaan 
terhadap CMA terus meningkat dan sertifikasi tersebut sekarang sangat diakui oleh dunia industri. 

CPA merupakan sertifikasi yang paling tua dan paling terkenal dalam akuntansi, diharuskan bagi akuntan yang menjadi auditor eksternal. Meskipun tidak berorientasi pada akuntansi manajemen, namun CPA banyak dimiliki oleh akuntan manajemen. CIA merupakan sertifikat bagi auditor internal, penting dan juga diakui dalam dunia industri. 
Sertifikasi dan Konsep Biaya Sumarna Almarogi Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Sertifikasi dan Konsep Biaya. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Sertifikasi dan ...