Section dalam Housekeeping

 

sebagai department yang mempunyai area lingkup kerja yang luas, area lingkup yang ditujukan yaitu demikian luas serta banyak area atau ruangan – ruangan yang perlu dibersihkan, ditata kenyamanannya, dirawat furniture-furniturenya serta digunakan cocok dengan fungsinya. 

housekeeping pastinya mesti mempunyai team yang cocok dengan keperluan system operasional untuk menggerakkan tugasnya dengan baik.  area atau ruangan-ruangan yang disebut area lingkup housekeeping dikelompokan seperti berikut ; 
-public area meliputi lobby area, rest room, staircase, terrace, elevator, musholla, pool area, linen, uniform room, lockers room, lantai dasar corridor, area parking dan lain-lain. 
-f&b outlet seperti restaurant, bar, meeting room, function room, ballroom. 

-a&g office seperti general manager, assistant executive manager, f&b director, finance director, director of sales and marketing, public relation manager serta ruangan executive officer yang lain. 

-back office area seperti human resourches , training center, enggineering, purchasing, accounting, biaya control. 

-floor area seperti guest room, executive launch, pantry area / station floor, corridor, guest landing. 

area - area yang dikelompokan diatas tersebut adalah area yang perlu dirawat, dijaga kebersihannya, ditata untuk kenyamanannya serta ikuti kaidah gcg ( good corporate governance ), amdal ( kajian tentang efek lingkungan ) serta csr ( corporate social responsibility ). 

didalam konteks kebersihan ruangan baiknya ikuti aturan standard kebersihan international yang bukan hanya bersih namun sanitasi serta higienisnya mesti terjaga, adapun system atau standard yang disebut contohnya penerapan haccp system atau good clinic practice. 

housekeeping department yang amat luas dengan area kerjanya, supaya fungsinya jalan dengan baik maka dibutuhkan satu system operasional yang baik, birokrasi yang pas serta team yang solid. system management yang baik bisa dikerjakan dengan system operasional yang dikerjakan dengan komitment yang di patuhi dari tempat management puncak hingga bawah. 

komitment ini amat mutlak sebagai fondasi dari satu system management, factor kepemimpinan juga amat besar pengaruhnya saat merealisasikan system management yang cocok dengan company goal yang diusung. birokrasi yang pas ini adalah factor untuk mempermudah jadikan system kerja yang effektif serta effisien untuk melayani keperluan service pelanggan / tamu. 

tidak sedikit didalam sebagian hotel system birokrasi amat rumit serta berbelit – belit hingga kadang-kadang keperluan untuk service pada tamu terabaikan, walau demikian keuntungan dengan birokrasi yang rumit serta berbelit-belit bisa menghimpit tingkat pemborosan apalagi menghindar penyalahgunaan biaya atau ada mark up biaya. 

didalam birokrasi yang pas ini bukan hanya bermakna mesti mengesampingkan faktor-faktor yang buka kesempatan pemborosan atau penyalahgunaan biaya, walau demikian birokrasi yang pas ini yaitu system birokrasi yang bukan hanya juga mesti dimudah – mudahkan namun birokrasi yang pas ini mesti terus melindungi keseimbangan biaya utamakan mutu service untuk tamu. 

team yang solid didalam housekeeping department adalah garda yang sangat depan, oleh sebab itu saat membuat satu team yang solid mesti merancang serta membagi area tugas dengan fair, oleh sebab itu didalam housekeeping department pembagian section yang dengan umum bisa dipandang dari diagram model management yang sudah di kemukakan di atas. 
Section dalam Housekeeping Sumarna Almarogi sebagai department yang mempunyai area lingkup kerja yang luas, area lingkup yang ditujukan yaitu demikian luas serta banyak area atau rua...