Biaya Pelaporan Keuangan Eksternal

 

Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Biaya Pelaporan Keuangan Eksternal. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Biaya Pelaporan Keuangan Eksternal?  pasti ada yang tau dan ada yang tidak, untuk anda yang tidak atau kurang tau mengenai Biaya Pelaporan Keuangan Eksternal mari kita bahas bersama-sama.

Untuk tujuan kalkulasi biaya untuk pelaporan keuangan eksternal, biaya dapat dikelompokkan menjadi biaya produksi dan biaya nonproduksi. Biaya produksi adalah biaya yang berkaitan dengan pembuatan barang dan penyediaan jasa. Biaya nonproduksi adalah biaya yang berkaitan dengan fungsi perancangan dan pengembangan, pemasaran, distribusi, layanan pelanggan dan administrasi umum. 

Biaya pemasaran, distribusi dan layanan pelanggan biasanya dikelompokkan sebagai biaya penjualan, sedangkan biaya perancangan & pengembangan, biaya akuntansi, dan biaya administrasi umum dikelompokkan sebagai biaya administrasi.  

Biaya produksi dikelompokkan lebih lanjut menjadi biaya bahan langsung, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead. 

1. Biaya Bahan Langsung, yaitu bahan yang secara langsung dapat ditelusur ke barang atau jasa yang diproduksi. Contoh: besi pada mobil, kayu pada furnitur, kain pada pakaian,gandum pada roti, dll 

2. Biaya Tenaga Kerja Langsung, yaitu tenaga kerja yang dapat secara langsung ditelusuri ke barang atau jasa yang diproduksi. Contoh: gaji buruh di pabrik, tenaga dokter dan perawat pada operasi, upah sopir pada perusahaan angkutan. 

3. Biaya Overhead, yaitu seluruh biaya produksi lain, selain biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Contoh: depresiasi bangunan dan peralatan, pemeliharaan peralatan, supervisi, pajak, dll. 

Biaya utama (prime cost) adalah biaya bahan langsung dan biaya tenaga kerja langsung. Biaya konversi (conversion cost) meliputi biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead. Biaya konversi dapat dianggap sebagai biaya untuk mengubah bahan baku menjadi produk akhir. 
Biaya Pelaporan Keuangan Eksternal Sumarna Almarogi Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Biaya Pelaporan Keuangan Eksternal. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Biaya Pela...