Tata Cara Percakapan Selama Jamuan Bisnis

 

Kegiatan makan bersama dengan rekan bisnis sudah menjadi bagian penting dalam dunia bisnis. Jamuan bisnis tidaklah semudah acara jamuan makan biasa. Tujuan dari jamuan bisnis adalah untuk mencapai kesepakatan bersama mengenai kegiatan bisnis yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

Hal utama yang harus diperhatikan dalam tata krama jamuan bisnis, yaitu tata cara percakapan selama jamuan bisnis. Secara umum tata cara percakapan selama jamuan bisnis adalah sebagai berikut.

a. Lakukan basa basi sejenak sebelum acara makan dimulai. Cari tahu hobi, minat atau kegemaran kolega, sehingga Anda mudah membuka percakapan.

b. Janganlah membicarakan masalah yang sensitive, seperti masalah pribadi atau masalah politik yang dapat menimbulkan salah paham.

c. Apabila mengundang lebih dari satu rekan bisnis, pembicaraan jangan hanya terfokus pada satu orang. Libatkan rekan bisnis yang lain agar tidak ada yang merasa diabaikan.

d. Basa-basi jangan terlalu meluas, mulailah masuk pada permasalahan bisnis yang dibicarakan.

e. Berbicaralah secara teratur dan sopan setelah makan ditelan dan bibir sudah diusap bersih oleh serbet.

f. Pada waktu berbicara, sebaiknya mulut dibuka secukupnya, gigi hendaknya tidak tampak terkancing, karena hal ini akan membuat suara kurang terdengar.

g. Waktu berbicara hendaknya Anda mengambil jarak sesuai dengan orang yang Anda ajak bicara, dalam arti tidak terlalu dekat atau tidak terlalu jauh.

h. Aturlah irama atau kecepatan makan Anda secara baik, jangan terlalu cepat atau terlalu lamban. Sebab hal yang utama dalam jamuan bisnis bukan mengahbiskan hidanagan, melainkan mengutarakan maksud Anda mengundang atau diundang rekan bisnis.
Tata Cara Percakapan Selama Jamuan Bisnis Sumarna Almarogi Kegiatan makan bersama dengan rekan bisnis sudah menjadi bagian penting dalam dunia bisnis. Jamuan bisnis tidaklah semudah acara jamuan ma...