Menyiapkan Ayat-ayat Jurnal di Buku Harian

 

Sebagaimana telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya, sebelum transaksi dijurnal, terlebih dahulu transaksi dianalisis untuk menyusun ayat-ayat jurnal yang akan dimasukkan dalam buku harian. ini menunjukkan transaksi perusahaan jasa Konsultan Cipta Jasa Karya yang didirikan oleh Tn Bagus pada tanggal 1 Agustus 2006 dan beroperasi secara full time. 

Transaksi berikut ini akan digunakan sebagai untuk menyiapkan ayat-ayat jurnal dalam buku harian. Sebelum menyusun ayat-ayat jurnal, kita harus lebih dahulu menganalisis pengaruh transaksi terhadap akun-akun baik akun Neraca maupun  akun Laba Rugi. Berikut analisis sesuai urutan  transaksi yang terjadi di atas: 

1. Pemilik melakukan  investasi ke dalam perusahaan berupa uang 
tunai, perlengkapan dan peralatan Berikut analisis sesuai urutan transaksi yang terjadi selama bulan Juni 2006:  
a. Transaksi ini berpengaruh pada akun kas, akun perlengkapan dan akun peralatan serta akun modal pemilik karena investasi yang dilakukannya ke dalam perusahaan 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun kas, akun perlengkapan dan akun peralatan mengalami peningkatan akibat investasi dan akun modal pemilik juga mengalami peningkatan akibat setoran investasi oleh pemilik. 

c. Oleh karena akun kas, akun perlengkapan dan akun peralatan mengalami peningkatan maka sesuai kaidah, akun-akun ini akan didebit, demikian juga akun modal pemilik juga mengalami peningkatan sehingga akun ini harus dikredit. 

2. Perusahaan membayar sewa gedung untuk 6 bulan 
Analisis atas transaksi ini adalah: 
a. Transaksi ini berpengaruh pada akun sewa dibayar dimuka dan akun kas. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun sewa dibayar dimuka mengalami peningkatan karena dilakukan pembayaran terhadap sewa gedung, sementara akun kas mengalami penurunan akibat melakukan pembayaran sewa gedung. 

c. Oleh karena akun sewa dibayar dimuka mengalami peningkatan maka akun ini akan didebit karena akun ini merupakan kelompok akun aset, sedangkan akun kas akan dikredit karena mengalami penurunan

3. Pembelian peralatan kantor secara Kredit  
Analisis atas transaksi ini sebagai berikut: 
a. Transaksi ini berpengaruh pada akun peralatan kantor yang merupakan kelompok akun aset serta berpengaruh pada akun kewajiban yaitu utang lancar. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun peralatan mengalami peningkatan sebagai akibat pembelian, sementara itu akun kewajiban yaitu utang lancar juga mengalami peningkatan sebagai akibat pembelian berupa kredit. 

c. Akun peralatan kantor mengalami peningkatan, maka akun peralatan akan didebit dan akun utang usaha akan dikredit. 

4. Menerima uang muka jasa yang dibayarkan oleh pelanggan  
Analisis atas transaksi ini adalah:  
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Kas dan akun kewajiban berupa uang muka pendapatan.  

b. Pengaruh transaksinya adalah akun Kas mengalami peningkatan dan akun kewajiban berupa pendapatan dimuka juga mengalami penngkatan. 

c. Akun kas mengalami peningkatan, maka akun kas akan didebit dan akun kewajiban berupa utang lancar akan dikredit. 

5. Pembayaran premi asuransi 
Analisis atas transaksi ini sebagai berikut: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun aset berupa asuransi yang telah dibayar dimuka dan kas yang digunakan untuk membayar premi. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun asuransi dibayar di muka mengalami peningkatan dan akun kas mengalami penurunan. 

c. Dengan peningkatan akun aset untuk Asuransi, maka akun asuransi dibayar di muka akan didebit dan akun kas akan dikredit karena mengalami penurunan.

6. Pembayaran beban iklan 
Analisis atas transaksi ini adalah:  
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban iklan dan kas sebagai akibat pembayaran beban iklan. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun beban iklan mengalami peningkatan karena dilakukan pembayaran dan akun kas mengalami penurunan. 

c. Oleh karena mengalami peningkatan pada akun beban untuk iklan, maka akun beban iklan akan didebit dan akun kas dikredit. 

7. Pembayaran kewajiban 
Analisis atas transaksi ini adalah: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Utang Usaha yang merupakan kelompok akun kewajiban dan akun kas karena melakukan pembayaran tunai. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun utang usaha mengalami penurunan karena dilakukan pembayaran tunai dan akun kas mengalami penurunan juga. 

c. Oleh karena mengalami penurunan pada akun kewajiban untuk utang usaha maka akun utang usaha akan didebit dan akun kas akan dikredit.

8. Mencatat penyediaan jasa pengauditan
Analisis atas transaksi tersebut sebagai berikut: 
a. Transaksi ini akan terpengaruh pada  akun piutang usaha dan pendapatan jasa sebagai akibat telah melaksanakan jasa tetapi belum diterima pembayarannya.  

b. Pengaruh transaksinya adalah akun piutang usaha mengalami peningkatan dan akun pendapatan jasa juga mengalami peningkatan.
  
c. Dikarenakan mengalami peningkatan, maka akun piutang usaha akan didebit dan akun pendapatan jasa dikredit karena merupakan pendapatan yang masih harus diterima.

9. Pembayaran gaji karyawan 
Analisis terhadap transaksi ini adalah: 
a. Transasksi ini akan berpengaruh pada akun beban gaji yang dibayar serta akun kas sebagai akibat pemabayaran beban gaji.  

b. Pengaruh transaksinya adalah akun beban gaji mengalami peningkatan karena dilakukan pembayaran dan akun kas mengalami penurunan sebagai akibat dilakukannya pembayaran. 

c. Dengan adanya peningkatan pada akun beban gaji

10. Penerimaan pembayaran piutang fee dari klien 
Analisis terhadap transaksi ini sebagai berikut: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada Kas dan Piutang Usaha sebagai akibat masuknya pembayaran piutang fee.  

b. Pengaruh transaksinya adalah akun kas akan meningkat dan akun piutang usaha mengalami penurunan.  

c. Akun kas mengalami peningkatan, sehingga peningkatan pada akun kas menyebabkan akun kas akan didebit dan akun piutang usaha akan dikredit.beban gaji akan didebit sedangkan Kas akan dikredit karena mengalami penurunan sebesar jumlah yang dibayarkan.


11. Menyelesaikan pekerjaan Penyusunan sistem klien 
Analisis atas transaksi ini adalah: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Piutang sebagai akibat penundaan pembayaran fee dari klien dan pengakuan Pendapatan Jasa sebagai akibat penyelessaian pekerjaan.  

b. Pengaruh transaksinya adalan akun Piutang mengalami peningkatan dan  Pendapatan Jasa juga mengalami peningkatan.  

c. Dengan adanya peningkatan pada akun piutang, maka akun ini akan didebit dan akun pendapatan jasa akan dikredit.

12. Pembelian perlengkapan secara tunai 
Analisis atas transaksi ini adalah: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Perlengkapan dan Kas sebagai akibat pembelian perlengkapan secara tunai.  

b. Pengaruh transaksinya adalah akun perelangkapan mengalami peningkatan dan akun kas mengalami penurunan.  

c. Oleh karena akun perlengkapan mengalami peningkatan maka akun ini akan didebit. Sementara itu akun kas akan dikredit karena akun kas mengalami penurunan

13. Penerimaan pembayaran piutang fee dari klien 
Analisis  atas transaksi ini adalah: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Kas dan akun piutang usaha sebagai akibat pembayaran piutang oleh pihak ketiga. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun kas mengalami peningkatan sebagai akibat penerimaan pembayaran piutang  dan akun piutang usaha mengalami penurunan karena dilakukan pembayaran oleh pihak lain.  

c. Dikarenakan akun pembayaran kas mengalami peningkatan maka akun kas akan didebit dan akun piutang usaha akan dikredit karena mengalami penurunan.

14. Pembayaran rekening telepon 
Analisis atas transaksi tersebut adalah: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada beban telepon yang dibayar dan kas sebagai akibat pembayaran telepon secara tunai. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun beban telepon akan mengalami peningkatan dan akun kas akan mengalami penurunan. 

c. Oleh karena akun beban telepon mengalami peningkatan maka akun ini akan didebit dan akun kas akan dikredit karena akun kas mengalami penurunan.


15. Pembayaran rekening listrik 
Analisis atas transaksi di atas adalah: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada beban listrik yang dibayar dan kas sebagai akibat pembayaran listrik secara tunai.  

b. Pengaruh transaksinya adalah beban listrik akan mengalami peningkatan dan kas akan mengalami penurunan sebagai akibat pembayaran rekening listrik. 

c. Dengan demikian akun Beban listrik didebit untuk pencatatan pembayaran listrik dan Kas dikredit untuk menunjukkan penurunan kas sebagai akibat pembayaran Beban listrik. 

16. Pembayaran gaji karyawan 
Analisis atas transaksi tersebut sebagai berikut:  
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun beban gaji yang dibayar serta akun kas sebagai akibat pemabayaran beban gaji.  

b. Pengaruh transaksinya adalah akun beban gaji mengalami peningkatan karena dilakukan pembayaran dan akun kas mengalami penurunan sebagai akibat dilakukannya pembayaran. 

c. Oleh karena akun beban gaji mengalami peningkatan, maka beban gaji akan didebit sedangkan Kas akan dikredit karena mengalami penurunan sebesar jumlah yang dibayarkan.

17. Penerimaan pembayaran piutang fee dari klien 
Analisis terhadap transaksi ini adalah:  
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Kas dan akun piutang usaha sebagai akibat pembayaran piutang oleh pihak ketiga. 

b. Pengaruh transaksinya adalah akun kas mengalami peningkatan sebagai akibat penerimaan pembayaran piutang dan akun piutang usaha mengalami penurunan karena dilakukan pembayaran oleh pihak lain.  

c. Oleh karena akun kas mengalami peningkatan maka akun kas akan didebit dan akun piutang usaha akan dikredit karena mengalami penurunan.

18. Mencatat penyediaan jasa pengauditan secara kredit 
Analisis atas transaksi ini adalah:  
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun Piutang sebagai akibat penundaan pembayaran fee dari klien dan pengakuan Pendapatan Jasa sebagai akibat penyelesaian pekerjaan.  

b. Pengaruh transaksinya adalan akun Piutang mengalami peningkatan dan  Pendapatan Jasa juga mengalami peningkatan.  

c. Oleh karena mengalami peningkatan maka akun piutang akan didebit dan akun pendapatan jasa akan dikredit.

19. Penarikan kas untuk keperluan pribadi pemilik 
Analisis terhadap transaksi ini sebagai berikut: 
a. Transaksi ini akan berpengaruh pada akun prive dan kas sebagai akibat penarikan dana untuk keperluan pribadi pemilik.
  
b. Pengaruh transaksinya adalah prive mengalami peningkatan dan kas mengalami penurunan sebagai akibat penarikan dana perusahaan untuk keperluan pribadi. 

c. Dengan demikian Prive di Debit untuk pengambilan dana keperluan pribadi dan Kas dikredit untuk penarikan dana keperluan pribadi. 
Menyiapkan Ayat-ayat Jurnal di Buku Harian Sumarna Almarogi Sebagaimana telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya, sebelum transaksi dijurnal, terlebih dahulu transaksi dianalisis untuk menyusun ayat...