Mendeteksi Neraca Saldo Yang Tidak Seimbang

 

Secara normal neraca saldo harus seimbang (balance). Namun ada kalanya neraca saldo yang dibuat perusahaan tidak seimbang (tidak ballance). Oleh karena itu dalam mencatat transaksi dan memindah (posting) ke buku besar serta menghitung saldo membutuhkan ketelitian 
yang tinggi. 

ini menunjukkan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi yang menyebabkan jumlah neraca saldo menjadi tidak seimbang Mendeteksi kesalahan-kesalahan yang menyebabkan neraca saldo menjadi tidak seimbang mutlak diakukan, karena apabila neraca saldo tidak seimbang, maka proses akuntansi berikutnya menjadi tidak dapat dilakukan, sampai ditemukannya kesalahan dan dilakukan penyesuaian ataupun pembetulan (koreksi) kesalahan.

Kesalahan- Kesalahan yang Menyebabkan  Jumlah Neraca Saldo tidak Seimbang antara lain yaitu :

Kesalahan Posting : 
1. Jumlah yang dimasukkan kesuatu akun salah. 
2. Debit diposting sebagai kredit dan sebaliknya. 
3. Posting  debit atau kredit diabaikan 

Kesalahan Saldo Akun 
1. Kesalahan menghitung saldo. 
2. Saldo dimasukkan ke dalam akun yang salah 

Kesalahan Menyiapkan Neraca Saldo 
1. Kesalahan penjumlahan kolom. 
2. Kesalahan dalam mencatat angka-angka ke neraca saldo. 
3. Saldo dimasukkan ke kolom yang salah atau lupa dicatat 

Bagaimana mendeteksi kesalahan yang biasanya terjadi? Terdapat beberapa langkah yang diperlukan untuk menelusuri kesalahan dalam proses penyusunan neraca saldo sehingga menyebabkan neraca saldo menjadi tidak seimbang. 

1. Periksa kebenaran penjumlahan kolom-kolom debit kredit neraca saldo dengan cara melakukan penjumlahan ulang.

2. Bandingkan nama-nama akun di neraca saldo dengan akun yang ada di buku besar, untuk memeriksa apakah tidak ada akun yang terlewat dimasukkan dalam neraca saldo.

3. Periksa kebenaran penjumlahan debit kredit dan selisihnya untuk setiap akun buku besar.

4. Bandingkan angka yang ada di akun dan di neraca saldo dengan hati-hati.

5. Bila semua langkah di atas sudah dilakukan, dan hasilnya menunjukkan kebenaran, maka langkah terakhir adalah memeriksa jumlah debit dan kredit pada ayat-ayat jurnal yang telah dibuat. 
Mendeteksi Neraca Saldo Yang Tidak Seimbang Sumarna Almarogi Secara normal neraca saldo harus seimbang (balance). Namun ada kalanya neraca saldo yang dibuat perusahaan tidak seimbang (tidak ballance)...