Menciptakan Pengendalian Internal

 

Setelah sebelumnya saya membahas tentang akuntansi sektor publik kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Menciptakan Pengendalian Internal. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Menciptakan Pengendalian Internal?  pasti ada yang tau dan ada yang tidak, untuk anda yang tidak atau kurang tau mengenai Menciptakan Pengendalian Internal mari kita bahas bersama-sama.

Hal pertama yang harus dilakukan untuk melindungi aktiva dan menjamin bahwa semua karyawan melaksanakan prosedur yang ditetapkan, diperlukan pencatatan yang baik. Catatan yang bisa dipercaya akan menjadi sumber informasi yang dapat digunakan manajemen untuk memonitor operasi perusahaan. 

Sebagai contoh, apabila perusahaan tidak memiliki catatan yang terinci mengenai peralatan pabrik dan alat-alat lainnya, maka kehilangan salah satu di antaranya dapat terjadi tanpa diketahui, atau kalaupun diketahui akan sulit untuk melacaknya. 

Contoh lain, apabila perusahaan tidak memiliki daftar rekening atau kode rekening tidak ditaati sebagaimana mestinya, maka transaksi mungkin akan dicatat pada rekening yang salah. Akibatnya, manajemen mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya biaya tertentu telah melebihi kewajaran. 

Untuk menciptakan pengendalian internal yang baik, perusahaan harus merancang formulir-formulir (business paper) secara cermat sesuai dengan kebutuhan, dan menggunakannya dengan benar. Sebagai contoh, apabila formulir order pernjualan dirancang dengan baik, maka petugas di bagian penjualan dapat mencatat informasi secara tepat dan efisien, tanpa ditunda-tunda, sehingga pembeli tidak perlu menunggu terlalu lama.

Selain itu, apabila formulir oder penjualan diberi nomor urut tercetak dan diawasi penggunaannya, maka petugas penjualan dapat diberi tanggung jawab mengenai pemakaian formulir yang berada di bawah pengawasannya.  Dengan cara seperti ini, petugas penjualan tidak mungkin menyembunyikan penjualan, memusnahkan dokumen penjualan, dan mengambil uangnya.

Sebelum kita membahas tentang Menciptakan Pengendalian Internal secara lebih spesifik. Saya harap dengan materi yang saya sampaikan mengenai Menciptakan Pengendalian Internal ini kalian semuabisa memahami dan mempelajarinya dengan baik dan benar, Semoga materi Menciptakan Pengendalian Internal ini menambah wawasan dan pengetahuan anda.
Menciptakan Pengendalian Internal Sumarna Almarogi Setelah sebelumnya saya membahas tentang akuntansi sektor publik kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Menciptakan Pengendalia...