Kegunaan Jurnal Penutup

 

Akun riil (real account) merupakan akun-akun neraca 
 Setelah jurnal penyesuaian diposting ke buku besar, maka data dalam akun buku besar akan sesuai dengan data yang dilaporkan dalam laporan keuangan. Saldo akun yang tercantum di neraca akan terus diakumulasikan  dari tahun ke tahun. Karena akun tersebut relatif permanen, maka disebut akun riil (real account). 

Sedangkan saldo akun yang ada di laporan laba rugi dan saldo akun penarikan pemilik dilaporkan pada laporan ekuitas pemilik,  tidak diakumulasikan dari tahun ke tahun. Karena akun-akun ini hanya melaporkan jumlah-jumlah pada satu periode saja.

Maka hal itu disebut sebagai akun sementara (temporary account), atau akun nominal (nominal account).  ini mengidentifikasikan akun dalam kategori akun riil dan akun nominal dan menjelaskan jenis akun yang ditutup pada akihir periode akuntansi. 

Akun nominal (nominal account) merupakan akun-akun laba rugi 
Akun nominal hanya menunjukkan jumlah-jumlah pada satu periode saja, maka akun ini harus mempunyai saldo nol pada awal periode. Untuk menjadikan saldo akun nominal menjadi nol maka dibuat jurnal penutup. Jurnal penutup memiliki kegunaan sebagai berikut: 

1. Menutup saldo akun nominal agar saldonya nol. Dengan demikian pada periode berikutnya semua akun nominal pada awal periode akan mempunyai saldo nol. Dengan demikian akan dapat dipisahkan saldo-saldo akun nominal dari periode ke periode berikutnya Saldo modal akan nampak sesuai dengan modal yang ada pada akhir periode sesuai dengan yang dilaporkan di neraca 
Kegunaan Jurnal Penutup Sumarna Almarogi Akun riil (real account) merupakan akun-akun neraca   Setelah jurnal penyesuaian diposting ke buku besar, maka data dalam akun buku besa...