Jenis dan Hubungan Komunikasi

 

Jenis-jenis media komunikasi ada bermacam-macam, antara lain berupa bahasa, tulisan, isyarat, alat peraga atau alat elektronik. Media komunikasi merupakan unsur yang sangat penting dalam proses komunikasi. Dengan menggunakan media komunikasi maka aliran informasi, berita atau pesan dapat dikirim atau diterima dengan mudah dan cepat. Berdasarkan cara penggunaannya terdapat tiga jenis media komunikasi, yaitu: media komunikasi audial, media komunikasi visual, dan media komunikasi audio-visual. Ketiga jenis media komunikasi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
Media Komunikasi Audial : Yaitu alat komunikasi yang dapat ditangkap, didengar dan dipahami oleh alat pendengaran. Misalnya telepon, intercom, radio serta tape recorder.
Media Komunikasi Visual : Yaitu alat komunikasi yang dapat ditangkap, dilihat dan dipahami oleh alat penglihatan. Misalnya surat, surat kabar, faksimili, majalah, buku, beletin dan sejenisnya.
Media Komunikasi Audio-Visual : Yaitu alat komunikasi yang dapat ditangkap, dilihat, didengan dan dipahami melalui alat pendengaran dan penglihatan. Misalnya televisi, film layarlebar, VCD, internet dan sejenisnya.

 Berbagai media komunikasi tersebut berfungsi sebagai alat untuk:
1.    Mengirimkan/menyampaikan informasi
2.    Penerjemah lambing-lambang komunikasi
3.    Mempercepat dan mempersingkat penyampaian informasi
4.    Menghibur (to intertaint), dan mendidik (to educate)
5.    Mempengaruhi masyarakat (to change the society)

Pengertian Tata Hubungan Komunikasi
Secara umum tata hubungan komunikasi dapat diartikan sebagi suatu proses, pengaturan, dan saluran penyampaian warta, informasi, berita, pesan atau keterangan yang mengandung arti dan kegunaan dalam rangka aktivitas kehidupan manusia sebagai mahluk social. Tata hubungan komunikasi sangat penting dalam rangka menjalin kerjasama dan integrasi social. Pentingnya tata hubungan komunikasi dalam mewujudkan kerjasama dan integrasi social dapat dilihat dalam hal-hal berikut ini.
a.Komunikasi dapat menimbulkan rasa kesetiakawanan, solidaritas dan loyalitas dalam kehidupan sosial.
b.Komunikasi dapat meningkatkan kegairahan dalam menjalin hubungan kerja sama antar sesama manusia
c.Komunikasi dapat meningkatkan niali-nilai kebersamaan serta kekeluargaan
d.Dengan komunikasi kita dapat mengetahui perkembangan sains, teknologi, seni dan budaya masyarakat
e.Dengan komunikasi kita dapat mengetahui nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat
f.Dengan komunikasi kita dapat menetahui kebijakan, ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku di dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan bernegara
g.Dengan komunikasi semua informasi dapat diakses, diketahui dan dimengerti
h.Komunikasi dapat meningkatkan tanggungjawab moral dan sosial
i.Komunikasi dapat menimbulkan saling pengertian diantara sesama manusia
j.Komunikasi merupakan suatu cara untuk memperoleh keterangan yang diperlukan dalam pelaksanaan suatu pekerjaan
k.Komunikasi merupakan suatu cara untuk mendorong manusia kearah berpikir positif, logis, dan kreatif
l.Komunikasi adalah suatu cara untuk memenuhi rasa keingintahuan manusia
m.Komunikasi penting bagi suatu organisasi atau perusahaan sebab merupakan salah satu alat yang utama bagi onggota organisasi untuk bekerjasama
n.Komunikasi penting bagi proses pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan umum
o.Komunikasi merupakan media internalisasi, sosialisasi, akulturasi, enkulturasi, adaptasi, dan proses-proses social lainnya

Tata hubungan komunikasi terlihat dari hubungan antara individu dengan individu, hubungan individu dengan kelompok, dan hubungan antara kelompok dengan kelompok. Timbulnya keterhubungan ini  disebsbkan masing-masing orang atau kelompok saling membutuhkan dan saling ketergantungan dalam rangka memenuhi kebutuhan dan mempertahan kan kehidupan dimuka bumi.
Jenis dan Hubungan Komunikasi Sumarna Almarogi Jenis-jenis media komunikasi ada bermacam-macam, antara lain berupa bahasa, tulisan, isyarat, alat peraga atau alat elektronik. Media komu...