Hubungan Internal-Vertikal

 

Setelah sebelumnya saya membahas tentang Bentuk Tannggung Jawab Masing-Masing Tim. Di dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Hubungan Internal-Vertikal, mudah-mudahan ilmu ini sangat bermanfaat bagi kita semua. Berikut adalah penjelasannya :
Hubungan internal adalah hubungan kerja yang terjadi di dalam lingkungan organisasi atau perusahaan sendiri. Hubungan internal ini menyangkut hubungan kerja antara atasan dengan bawahan, atasan dengan atasan, dan bawahan dengan bawahan. Adapun hubungan internal-vertikal adalah hubungan kerja yang terjadi antara atasan atau pimpinan dengan bawahan atau karyawan.

Hubungan internal-verikal ini perlu dibina terus menerus, oleh karena merupakan kekuatan atau faktor yang sangat penting di dalam suatu kerja sama tim. Dalam hal ini pimpinan perlu membina hubungan komunikasi yang harmonis dengan semua anggota tim. Dengan adanya hubungan langsung secara pribadi antara pimpinan dengan para anggota maka akan diperoleh informasi yang sangat penting bagi kemajuan kerja sama tim. Dalam hal ini pimpinan akan dapat mengetahui berbagai pendapat, saran, keluhan, keinginan, harapan, dan kebutuhan anggota tim.

Hubungan kerja internal-vertikal yang paling penting dalam suatu organisasi adalah terjalinnya komunikasi yang efektif antara pimpinan dengan bawahan (staf dan karyawan). Agar lebih jelas dibawah ini diuraikan hubungan internal-vertikal antara pimpinan dengan staf dan antara pimpinan denagn pegawai.

a. Hubungan antara pimpinan dengan staf

Hubungan internal-vertikal antara pimpinan dengan staf adalah sebagai berikut.
•Staf melayani pimpinan dalam semua tingkat manajemen
•Staf berperan membantu dan melayani pimpinan dalam pekerjaan sehari-hari.
•Staf berperan sebagi penasehat pimpinan dalam menemukan pemecahan suatu permasalahan pada situasi kerja yang sedang dihadapi.
•Staf berperan sebagai perantara atau penghubung antara pimpinan dengan karyawan.

b.  Hubungan internal-vertikal pimpinan dengan karyawan

Hubungan internal-vertikal pimpinan dengan pegawai atau karyawan adalah sebagai berikut.
•Arah aliran informasi berlangsung secara vertikal ke bawah dan ke atas, melalui rantai komando dalam struktur organisasi atau perusahaan
•Hubungan vertikal ke bawah dapat berupa perintah, pengarahan, petunjuk dan evaluasi.
•Hubungan vertikal ke atas dapat berupa laporan prestasi kerja, pendapat, saran, permohonan bantuan, keluhan dan lain-lain.
Inti dari pelajaran kita kali ini adalah Hubungan internal ini menyangkut hubungan kerja antara atasan dengan bawahan, atasan dengan atasan, dan bawahan dengan bawahan
Hubungan Internal-Vertikal Sumarna Almarogi Setelah sebelumnya saya membahas tentang Bentuk Tannggung Jawab Masing-Masing Tim . Di dalam kesem...