Definisi Jurnal

 

a.Jurnal adalah catatan harian secara kronologis
(menurut urutan tanggal), mengenai angka-angka dan fakta setiap transaksi. Data yang dicatat dalam jurnal adalah: tanggal terjadinya transaksi, penambahan didebit dan dikredit suatu akun tertentu dan penjelasan singkat, proses pencatatan dalam jurnal disebut penjurnalan.  Penjurnalan merupakan catatan pertama suatu transaksi dalam siklus akuntansi, maka jurnal disebut juga book of original entry.

Karena jurnal merupakan catatan pertama dan akan diproses lebih lanjut sampai penyusunan laporan keuangan, maka pencatatan dalam jurnal harus dijamin kebenarannya. Oleh sebab itu diperlukan kehati-hatian dan ketelitian yang tinggi agar kesalahan pencatatan dapat dihindari semaksimal mungkin.

b.Manfaat Pencatatan Dalam Jurnal 
1)Catatan dalam jurnal menunjukkan semua informasi yang lengkap di satu tempat termasuk memberikan keterangan tentang transaksi, sehingga mudah untuk menemukan suatu fakta dari suatu transaksi

2)Jurnal menyediakan catatan secara kronologis dari semua kejadian selama perusahaan berjalan. Sehingga memungkinkan dapat melihat kembali transaksi-transaksi beberapa bulan yang lalu sehingga dengan hanya melihat tanggal dapat menemukan catatan yang di inginkan

3)Penggunaan jurnal dapat mencegah terjadinya kesalahan. Karena jurnal mencatat akun-akun di debit dan di kredit dengan jumlah yang sama.

c.Tipe Jurnal
Jurnal dapat dikategorikan menjadi:
1)Jurnal khusus adalah jurnal yang dirancang untuk mencatat transaksi yang mempunyai pengaruh terhadap akun yang sama. Jurnal khusus umumnya terdiri atas:
a)Jurnal penerimaan kas untuk mencatat penerimaan uang tunai & cek
b)Jurnal pengeluaran kas untuk mencatat pengeluaran uang tunai & cek
c)Jurnal penjualan untuk mencatat penjualan kredit
d)Jurnal pembelian untuk mencatat pembelian kredit

2)Jurnal umum adalah jurnal yang dirancang untuk mencatat pengaruh debit–kredit semua transaksi keuangan yang terjadi. Kalau suatu entitas telah menggunakan jurnal khusus, maka jurnal umum hanya untuk mencatat transaksi yang tidak dicatat dalam jurnal khusus.
Definisi Jurnal Sumarna Almarogi a.Jurnal adalah catatan harian secara kronologis (menurut urutan tanggal), mengenai angka-angka dan fakta setiap transaksi. Data yang dica...