Ayat Jurnal Koreksi

 

Koreksi kesalahan hanya dilakukan dengan jurnal koreksi 
Koreksi diperlukan karena kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kesalahan terjadi bisa pada waktu menjurnal atau pada waktu memposting. Kesalahan demikian tidak boleh dikoreksi dengan cara menghapus, sebab bekas-bekas menghapus akan menimbulkan kecurigaan seakan-akan telah terjadi ketidakbenaran atau kecurangan. 

Koreksi diperlukan karena kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kesalahan terjadi bisa pada waktu menjurnal atau pada waktu memposting. Kesalahan demikian tidak boleh dikoreksi dengan cara menghapus, sebab bekas-bekas menghapus akan menimbulkan kecurigaan seakan-akan telah terjadi ketidakbenaran atau kecurangan. Terdapat dua jenis kesalahan dan prosedur koreksi untuk setiap jenis kesalahan, yaitu:  

1. Kesalahan ditemukan sebelum jurnal di posting ke buku besar. Prosedur koreksi adalah mencoret akun. Buat garis lurus dengan tinta merah pada akun atau angka yang salah, kemudian ditulis yang benar dan diberi paraf. 

2. Kesalahan ditemukan setelah jurnal di posting ke buku besar,  maka prosedur koreksi adalah membuat jurnal koreksi. Jurnal koreksi di buat dengan memperhatikan jurnal yang salah (yang telah dibuat) dan jurnal yang benar ( yang seharusnya). 
Ayat Jurnal Koreksi Sumarna Almarogi Koreksi kesalahan hanya dilakukan dengan jurnal koreksi  Koreksi diperlukan karena kesalahan-kesalahan yang terjadi. Kesalahan terjadi b...