Akuntansi Manajemen

 

Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Akuntansi Manajemen. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Akuntansi Manajemen?  pasti ada yang tau dan ada yang tidak, untuk anda yang tidak atau kurang tau mengenai Akuntansi Manajemen mari kita bahas bersama-sama.

Lingkungan bisnis yang berubah begitu cepat sangat mempengaruhi perkembangan konsep dan praktik akuntansi manajemen. Akuntansi manajemen harus mampu menyediakan informasi yang memungkinkan manajer untuk berfokus pada nilai pelanggan (customer value), manajemen mutu total (total quality management), kompetisi berbasis waktu (time based competition) dan pemanfaatan teknologi informasi.  

1. Activity Based Management. Manajemen berbasis aktivitas adalah suatu sistem yang luas dan terintegrasi yang berfokus pada perhatian manajemen terhadap aktivitas, bertujuan untuk meningkatkan nilai pelanggan dan laba yang dihasilkan. 

2. Orientasi pada Pelanggan. Orientasi pada pelanggan merupakan perbedaan antara apa yang diperoleh pelanggan (kepuasan pelanggan) dengan apa yang diberikan oleh pelanggan (pengorbanan pelanggan) 

3. Penempatan stratejik. Manajemen biaya stratejik merupakan penggunaan informasi biaya untuk mengembangkan dan mengidentifikasikan strategi yang lebih baik yang akan menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan. 

4. Kerangka kerja Rantai Nilai 

5. Rantai Nilai Internal: merupakan rangkaian aktivitas yang diperlukan untuk mendesain, mengembangkan, memproduksi, memasarkan & mendistribusikan produk dan jasa kepada pelanggan 

6. Rantai Nilai Industri: merupakan rangkaian aktivitas penciptaan nilai yang terhubung mulai dari bahan baku mentah sampai dengan pembuangan produk akhir oleh pengguna akhir. 

Dalam pengelolaan rantai nilai, seorang akuntan manajemen harus mampu memahami berbagai fungsi bisnis, dari manufaktur sampai dengan pemasaran. Penekanan pada kualitas ini menciptakan tuntutan atas suatu sistem akuntansi manajemen yang menyediakan informasi keuangan maupun non keuangan tentang kualitas.  
Akuntansi Manajemen Sumarna Almarogi Kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Akuntansi Manajemen. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Akuntansi Manajemen?  pas...