Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

 

Setelah sebelumnya saya membahas tentang Bukti Transaksi kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan. Apa diantara kalian ada yang tau mengenai Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan?  pasti ada yang tau dan ada yang tidak, untuk anda yang tidak atau kurang tau mengenai Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan mari kita bahas bersama-sama.

Secara garis besar, akuntansi dibagi ke dalam akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen. Tujuan utama akuntansi keuangan adalah untuk menyajikan informasi kepada pihak eksternal perusahaan, misalnya investor dan kreditor. Adapun tujuan akuntansi manajemen adalah menyajikan informasi kepada pihak internal, yaitu manajemen perusahaan. 

Sistem informasi akuntansi pada suatu organisasi juga memiliki dua subsistem utama, yaitu sistem akuntansi keuangan dan sistem akuntansi manajemen. Di lain pihak, sistem informasi akuntansi merupakan subsistem dari sistem informasi manajemen perusahaan secara keseluruhan. Akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen memiliki kesamaan, yaitu: 

1). Keduanya dibangun atas dasar pertanggungjawaban(stewardship). Manajemen sebagai wakil perusahaan harus mempertanggungjawabkan keuangan dan operasional perusahaan kepada semua pihak yang berkepentingan. Akuntansi keuangan berkaitan dengan operasi perusahaan secara keseluruhan, sedangkan akuntansi manajemen berkaitan dengan satuan-satuan pertanggungjawaban untuk menyediakan laporan pertanggungjawaban yang lebih terinci. 

2). Akuntansi keuangan dan akuntansi pertanggungjawaban dibangun dalam suatu sistem akuntansi umum, tidak dalam suatu sistem yang terpisah. Selain karena penyelenggaraan dua sistem yang terpisah dilarang oleh pihak yang berwenang, hal tersebut juga akan sangat mahal untuk diimplementasikan karena memerlukan buku-buku akuntansi, waktu dan tenaga ekstra. 
Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan Sumarna Almarogi Setelah sebelumnya saya membahas tentang  Bukti Transaksi  kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Akuntansi Manajemen dan Akunt...