Karakteristik Perusahaan

 

Secara umum perusahaan (business) adalah suatu organisasi yang mengelola sumber dayanya seperti tenaga kerja (input) untuk memproduksi barang-barang dan jasa (output) bagi pelanggan/konsumennya.
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya adalah melakukan produksi dan distribusi guna memenuhi kebutuhan ekonomis manusia.
Kegiatan produksi dan distribusi pada umumnya dilakukan untuk memperoleh laba. Namun demikian,  banyak juga kegiatan produksi yang tidak bertujuan mencari laba, misalnya yayasan sosial, keagamaan dan lain-lain.Hasil suatu produksi dapat berupa barang atau jasa.
Tujuan kebanyakan perusahaan adalah memaksimumkan laba/ keuntungan.  Laba adalah selisih antara jumlah yang diterima dari konsumen/pelanggan atas barang atau jasa yang dihasilkan dengan jumlah yang dikeluarkan untuk membeli seumber daya alam dalam menghasilkan barang atau jasa tersebut.

Terdapat tiga jenis perusahaan yang beroperasi untuk menghasilkan laba, yaitu :
1. Perusahaan manufaktur ( manufacturing )
2. Perusahaan dagang ( Merchandising )
3. Perusahaan jasa (service)
Perusahaan manufaktur (manufacturing) merupakan perusahaan yang mengubah input dasar menjadi barang/produk yang di jual kepada masing-masing pelanggan.

Perusahaan dagang ( merchandising) merupakan perusahaan yang menjual produknya ke pelanggan, namun kebanyakan mereka tidak memproduksi barangnya sendiri, tetapi membelinya dari perusahaan lain ( misalnya dari perusahaan maufaktur ).  Dengan kata lain perusahaan dagang mempertemukan produk dengan pelanggan.

Perusahaan jasa ( service business ) menghasilkan jasa untuk pelanggan.

Pada umumnya terdapat tiga bentuk perusahaan yang berbeda yaitu, perusahaan perorangan, persekutuan, atau korporasi.  Berikut akan dijelaskan secara singkat keunggulan dan kelemahan masing-masing organisasi perusahaan tersebut.
1. Perusahaan perorangan (proprietorship) dimiliki oleh perorangan.
• Keunggulannya adalah mampu menekan biaya pengelolaan/biaya pengelolaannya yang rencah
•  Kelemahannya adalah sumber daya keuangan terbatas karena terbatas hanya pada harta milik pribadi
2. Peusahaan Persekutuan (partnership) dimiliki oleh  dua atau lebih individu
3. Perusahaan Korporasi (corporation) dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah, sebagai suatu badan hukum yang terpisah.  Kepemilikan dalam korporasi terbagi dalam lembar saham.
• Keunggulannya adalah mampu untuk mendapatkan sumberdaya daengan menerbitkan saham.

Sebagaimana suatu usaha memutuskan produk atau jasa yang akan ditawarkan ke pelanggan perlu memperhatikan strategi bisnis.  Strategi bisnis adalah serangkaian rencana dan tindakan terintegrasi yang di desain bagi perusahaan sebagai sarana untuk memperoleh keuntungan melebihi pesaingnya sekaligus untuk memaksimalkan laba.  Dua strategi dasar perusahaan yang digunakan adalah strategi biaya rendah (low cost strategy)  dan strategi diferensiasi ( differentiation strategy).

Jika perusahaan telah memilih satu strategi tertentu, maka strategi tersebut harus diterapkan pada rantai nilainya.  Rantai nilai (value chain) adalah cara yang harus dilakukan perusahaan untuk memberi nilai tambah bagi pelanggannya muali proses input sampai dengan output dari sebuah produk barang atau jasa.
Karakteristik Perusahaan Sumarna Almarogi Secara umum perusahaan (business) adalah suatu organisasi yang mengelola sumber dayanya seperti tenaga kerja (input) untuk memproduksi bar...