Teknik Membawa Platter berisi makanan dengan tangan

 

Membawa platter berisi makanan dan piring dengan tangan berarti mengambil platter yang berisi makanan yang sudah tertutup, dengan piring yang telah diatur di atasnya dan dibawa di atas telapak tangan sebelah kiri dengan jari tangan yang terbuka, dan biarkan tangan kanan kosong untuk keseimbangan.
Alat-alat yang diperlukan adalah :
a. Platter dan tutupnya dengan berjenis-jenis ukurannya
b. Gueridon
c. Side station
d. Service cloth
e. Plates (piring)
Cara membawa platter berisi makanan dan piring dengan tangan adalah sebagai berikut:
a. Memilih tutup
    Ambillah tutup yang mempunyai ukuran yang sama dengan platter, sehingga bisa tertutup dengan baik. Dan yakinkan bahwa tutup itu benar-benar bersih dan kering.
b. Setelah platter dihias, dan diperiksa oleh Aboyeur tutuplah platter tersebut dengan baik.
c. Lipatlah service cloth secara memanjang
d. Letakanlah service cloth yang telah terlipat itu menyilang diatas tutup dari platter tersebut.
e. Taruhlah piring bersih di atas service cloth.
f. Angkatlah platter dan piring tersebut ke atas telapak tangan sebelah kiri, tepat pada pertemuan kedua ujung service cloth dan biarkan tangan kosong untuk keseimbangan.Kalau platter dan piring tersebut berat, bantulah memegangnya dengan tangan kanan untuk keseimbangan.
g. Taruhlah platter yang berisi makanan dan piring secara seksama di atas gueridon di hadapan tamu, atau di side station.
h. Jika platter terlalu besar dan sukar untuk dilingkari service cloth, lipatlah service cloth tersebut menjadi lipatan persegi empat dan taruh di atas platter.
i. Letakkanlah piring-piring di atas service cloth itu.
j. Taruhlah lipatan persegi empat service cloth yang lain di atas telapak tangan untuk menghindari panas.
Teknik Membawa Platter berisi makanan dengan tangan Sumarna Almarogi Membawa platter berisi makanan dan piring dengan tangan berarti mengambil platter yang berisi makanan yang sudah tertutup, dengan piring ya...