Teknik Clearing-up Glasses

 

Membersihkan gelas dari atas meja adalah memindahkan gelas yang telah terpakai dari atas meja tamu pada saat pelayanan (service). Gelas ini akan dibawa di atas sebuah baki (salver) ke side board sebelum dibawa ke tempat pencucian (dishwashing-area).
Jenis gelas yang biasa dibersihkan (clear-up) dari atas meja tamu adalah beraneka ragam dan berbeda antara restoran yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh adalah gelas seperti :
a. Water glass
b. Cocktail glass
c. Beer glass
d. Juice glass
e. Sherry glass
f. Wine glass
g. Champagne glass
h. Liqueur glass
Peralatan yang diperlukan untuk clear-up glass adalah :
Salver dengan clothnya, yang dipergunakan untuk membawa gelas dari meja tamu ke side board. Restaurant tray untuk membawa gelas dari side board ke tempat pencucian (dishwashing area). Kapan gelas yang telah terpakai tersebut bisa diambil dari meja tamu, harus diperhatikan beberapa ketentuan :
a. Semua jenis gelas terkecuali Water goblet dan wine glass, dapat di clear-up pada saat tamu telah selesai memakainya atau gelas tersebut kosong.
b. Water goblet dapat diclear-up pada saat terakhir dimana tamu telah meninggalkan tempat duduknya.
c. Wine glass dapat diambil (clear-up apabila tamu telah selesai memakainya atau menginginkan tambahan anggur atau wine dan gelas wine telah kosong).

Cara Clear up glass adalah:
a. Ambilah selver dan letakkanlah pada telapak tangan kiri dengan memperhatikan keseimbangannya.
b. Dekatilah tamu dari kanannya, dengan kaki kanan agak maju ke depan, dan perhatikan bahwa salver tidak menyentuh tamu dan keseimbangannya tetap terjaga.
c. Ambillah water goblet di atas meja tamu dengan cara memegang stem (tangkai gelas).Jangan sekali tangan dimasukkan ke mulut gelas pada saat mengambilnya.
d. Letakanlah water goblet glass di atas salver.
e. Kerjakanlah untuk gelas yang lain dengan cara yang sama, sehingga selesai semuanya.
f. Bawalah gelas yang berada di atas salver tersebut ke sideboard.
g. Letakkanlah gelas tersebut satu demi satu ke restoran tray.

Beberapa pertimbangan jika bekerja dengan gelas, antaralain:
a. Bahwa gelas adalah barang yang mudah pecah sehingga harus berhati-hati dalam penanganannya.
b. Membersihkan gelas dari meja tamu, harus dilakukan dari sebelah kanan tamu,terkecuali keadaan tidak mengijinkan.
c. Gelas yang kotor yang diclear-up dari meja tamu harus dipindahkan dan ditempatkan pada salver tidak pernah akan dibawa dengan tangan dari meja tamu side board.
d. Tidak akan pernah terjadi bahwa jari tangan dimasukkan ke mulut gelas pada saat mengambilnya.
e. Gelas harus diambil dengan tangan pada tangkainya (stem), dan untuk gelas yang tak bertangkai ambillah bagian bawahnya (alasnya), jangan dipegang permukaannya (rim of the glass).
f. Gelas harus diatur di atas tray (baki) sesuai dengan jenis dan ukurannya.

Teknik Clearing-up Glasses Sumarna Almarogi Membersihkan gelas dari atas meja adalah memindahkan gelas yang telah terpakai dari atas meja tamu pada saat pelayanan (service). Gelas ini...