Sapta Pesona

 

Sapta pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah tertentu di negara Indonesia ini. Kita harus menciptakan suasana indah mempesona khususnya tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan agar mereka betah tinggal lebih lama, karena merasa puas atas kunjungannya sehingga dapat memberikan kenangan indah dalam hidupnya. Sebagai pencetus Sapta Pesona adalah Soesilo Sudarman sebagai Menteri Parpostel pada era orde baru. Saat ini Sapta Pesona masih dipergunakan sebagai buku pedoman ”Sadar Wisata dan Sapta Pesona” oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata (2003).
1.Aman
Wisatawan akan senang berkunjung ke suatu tempat apabila merasa aman tenteram tidak takut, ter-lindung dan bebas dari hal-hal seperti tindak kejahatan dan keke-rasan, ancaman bahaya penyakit menular dan berbahaya, kecelakaan yang disebabkan karena fasilitas yang  urang baik serta gangguan dari oleh masyarakat. Jadi aman berarti menjamin keselamatan jiwa dan fisik, termasuk barang milik wisatawan.
 
2.Tertib
Kondisi yang tertib merupakan se-suatu yang sangat didambakan oleh setiap orang termasuk wisatawan. Kondisi tersebut tercermin dari suasana yang teratur, rapi dan lancar serta menunjukan disiplin yang tinggi dalam semua segi kehidupan masyarakat.

3.Bersih
Bersih merupakan suatu keadaan/kondisi lingkungan yang menampil-kan suasana bebas dari kotoran, sampah dan limbah, penyakit dan pencemaran. Wisatawan akan merasa betah dan nyaman bila berada ditempat-tempat yang bersih dan sehat: penggunaan alat dan perlengkapan yang bersih, rapi dan sehat.

4.Sejuk
Sejuk adalah kondisi lingkungan yang nyaman, segar, sehat, dan bersih. Lingkungan yang sejuk ini dapat diupayakan pada setiap tempat ter-utama pada tempat dan objek wisata, dengan cara melakukan penghijauan, menjaga kebersihan lingkungan, melestarikan segala potensi wisata serta mengatur sirkulasi udara segar khususnya untuk ruangan-ruangan tertutup.  Lingkungan yang sejuk ber-manfaat untuk menjernihkan pikiran sehingga memberi dampak segar dan bugar pada jasmani kita.

5.Indah
Keadaan atau suasana yang menam-pilkan lingkungan yang menarik dan sedap dipandang mata itulah yang disebut indah. Indah dapat dilihat dari berbagai segi, baik dari segi letak, warna, bentuk gaya ataupun gerak yang serasi dan selaras, sehingga memberi kesan enak dan cantik untuk dilihat.

6.Ramah
Ramah merupakan sikap perilaku seseorang yang menunjukan ke-akraban, sopan, suka membantu,suka tersenyum dan menarik hati. Sedangkan keramahan dapat di-artikan sikap positif seseorang yang memilki etika moral dan  berpendidikan. Contohnya bertutur kata yang sopan dengan mimik wajah yang menyenangkan.

7.Kenangan
Kenangan adalah kesan yang melekat dengan kuat pada ingatan dan perasaan seseorang yang  disebabkan oleh pengalaman yang diperolehnya. Kenangan yang ingin diwujudkan dalam ingatan dan perasaan wisatawan dari pengalaman berpariwisata di Indonesia adalah yang indah dan menyenangkan. Sapta Pesona ini dapat tercipta dengan antara lain dengan terciptanya akomodasi yang nyaman baik dan sehat, atraksi seni budaya yang khas dan mempesona, makanan dan minuman khas daerah yang lezat dengan penyajian dan penampilan yang menarik, cinderamata yang khas daerah dan bermutu tinggi, mudah dibawa, harga terjangkau dan mempunyai arti tersendiri akan tempat yang dikunjungi tersebut. Memasyarakatkan dan membudayakan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari mempunyai tujuan yang jauh lebih luas, yaitu untuk meningkatkan disiplin nasional dan jati diri bangsa yang juga akan meningkatkan citra baik bangsa dan negara.
Sapta Pesona Sumarna Almarogi Sapta pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah tertentu...