Reservasi

 

Reservasi  bertanggung jawab untuk mengambil pertanyaan dari calon tamu, agen perjalanan, kelompok atau penyelenggara konferensi dan pihak lain yang mungkin ingin memesan akomodasi. Peran mereka adalah untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk membuat pemesanan, mencatat  manual atau komputerisasi catatan pemesanan, memantau tingkat pemesanan; menerbitkan dokumentasi untuk tamu atau mengkonfirmasi pemesanan (surat konfirmasi misalnya, permintaan untuk deposit), dan memastikan bahwa penerimaan yang di informasikan dari detail reservasi dikonfirmasi dan kedatangannya yang diharapkan untuk setiap hari.Seorang manajer atau supervisor pemesanan akan mengendalikan bagian, mengatur staf daftar nama petugas, dan membuat keputusan tentang apakah dan bagaimana pemesanan harus diterima (jika hotel sepenuhnya dipesan, atau pemesanan harus 'disulap' untuk memaksimalkan hunian).pemesanan dapat ditangani oleh resepsionis di sebuah hotel kecil, tapi banyak hotel akan memiliki pemesanan terpisah.
karena sebagian besar permintaan reservasi datang melalui telepon, surat, e-mail atau online, dari pada datang secara langsung

Penerimaan (resepsionis)
'Penerimaan' mungkin merupakan istilah umum untuk semua fungsi front-office, tapi di hotel besar, ada kemungkinan ada meja resepsi khusus.Peran utama dari resepsionis (atau agen meja depan) adalah: mengambil pertanyaan dan permintaan reservasi dari  pengunjung, mempersiapkan kedatangan tamu; memberi salam tamu pada saat kedatangan mereka, memeriksa tamu (mendaftarkan mereka, mengalokasikan kamar yang cocok dan memeriksa metode pembayaran); menjual fasilitas dan layanan hotel; menanggapi masalah tamu dan permintaan, atau merujuk mereka ke departemen lain yang bisa melakukannya, memberikan informasi tentang tamu untuk unit front office lain dan departemen hotel, dan memelihara catatan tamu.
Mungkin ada resepsionis senior yang bertanggung jawab atas masing-masing tim atau pergeseran: dari staf resepsi, yang akan mengambil tanggung jawab atas daftar nama staf, dan penanganan tugas yang lebih menantang seperti kedatangan kelompok dan masalah tamu, permintaan dan keluhan. Ada juga yang akan menjadi penerimaan atau manajer meja depan, dengan tanggung jawab staf kepelatihan, pengawasan dan motivasi penerimaan; maksimalisasi hunian dan pendapatan (pengelolaan hasil) dari penjualan fasilitas hotel dan jasa, dan tinggi-profile tugas tamu (mis. ucapan tamu VIP.).
Meja resepsionis di sebuah hotel yang sangat kecil hanya dapat beroperasi pada jam kerja (misalnya, 7:30 untuk 8.30 pm) untuk menutupi puncak utama dari kegiatan. Hotel ini akan sering posting 'setelah jam' nomor kontak (Atau mengoperasikan sistem interkom) untuk memungkinkan akhir-tiba tamu, atau dengan masalah pada malam hari, untuk menghubungi ditunjuk 'on-call' orang (sering tamu caretaker atau manager). Sebuah hotel besar akan mencari staf untuk menutupi meja resepsionis secara 24/7, dengan staf malam permanen atau shift malam:.
Reservasi Sumarna Almarogi Reservasi  bertanggung jawab untuk mengambil pertanyaan dari calon tamu, agen perjalanan, kelompok atau penyelenggara konferensi dan pihak...