PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN

 

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah pengetahuan dan keterampilan karena jika kita hanya mengetahui teorinya saja tanpa melakukan latihan atau praktek, maka mental kita tidak terlatih ketika kita benar-benar menghadapi kejadian sebenarnya. Sebaliknya jika kita langsung praktek tanpa membaca teori kemungkinan besar kita akan melakukan pertolongan yang salah pada korban Sebagai seorang pecinta alam, materi ini penting untuk dipelajari, karena kondisi alam seringkali tidak dapat diduga dan sangat mungkin terjadi kecelakaan yang tidak kita harapkan. Sedangkan tenaga medis, sarana dan prasarana kesehatan sulit untuk dijangkau. Maka satu-satunya pilihan adalah mencoba melakukan pertolongan sementara pada korban kerumah sakit atau dokter terdekat.  
  Maksud P3K adalah untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan ditempat kejadian dengan cepat dan tepat sebelum tenaga medis datang atau sebelum korban dibawa kerumah sakit agar kejadian yang lebih buruk dapat dihindari.
  Tujuannya adalah mencegah maut dan mempertahankan hidup, mencegah penurunan kondisi badan atau cacat.
Kewajiban Penolong :
- Perhatikan keadaan sekitar tempat kecelakaan
- Perhatikan keadaan penderita
- Merencanakan dalam hati cara-cara pertolongan yang akan dilakukan
- Jika korban meninggal beritahu polisi atau bawa korban kerumah sakit 
PERTOLONGAN PERTAMA PADA KECELAKAAN Sumarna Almarogi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah pengetahuan dan keterampilan karena jika kita hanya mengetahui teorinya saja tan...