Kontrol Personel

 

Administrasi Personil Kontrol mencakup proses-proses administrasi yang umumnya dilaksanakan oleh departemen SDM selama perekrutan dan pemecatan karyawan. Contoh kontrol personel sering diimplementasikan oleh SDM adalah sebagai berikut : 
a. penyaringan calon pegawai
b. pemeriksaan referensi atau sejarah pendidikan pegawai
c. pemeriksaan latar belakang atau credit rating untuk posisi yang sensitif
d. pemeriksaan berkala (diperuntukan hanya kepada pegawai yang memiliki akses dokumen penting)
e. tinjauan rating pegawai oleh atasan
f. prosedur pasca
g. wawancara jika keluar.
h. penghapusan akses jaringan dan pengubahan password
i. pengembalian inventaris PC atau laptop

Lingkungan Hidup dan Kontrol Keselamatan 
Lingkungan Hidup dan Keselamatan Kontrol dianggap unsur-unsur dari kontrol keamanan fisik yang diperlukan untuk menunjang baik lingkungan operasi komputer atau lingkungan operasi personel. Berikut ini adalah tiga bidang utama kontrol lingkungan:
1. listrik
2. pendeteksi kebakaran dan pemadamnya
3. Pemanas ruangan, ventilasi dan AC

Sistem Listrik
sistem listrik adalah sumber operasi komputer. Pasokan listrik yang terus-menerus bersih dan stabil diperlukan untuk memelihara lingkungan personel yang layak dan untuk mempertahankan operasi data. Banyak elemen dapat mengancam sistem tenaga, suara yang paling umum, brownouts, dan kelembaban.

Bising
Kebisingan dalam sistem tenaga mengacu pada keberadaan radiasi listrik dalam sistem yang tidak disengaja dan mengganggu transmisi listrik yang bersih. Pada bagian ini, kita akan pergi ke detail lebih lanjut mengenai jenis masalah kelistrikan dan solusi yang direkomendasikan.

Ada beberapa jenis kebisingan, yang paling umum adalah interferensi elektromagnetik (EMI) dan Radio Frekuensi gangguan (RFI). EMI adalah noise yang disebabkan oleh generasi radiasi disebabkan perbedaan tegangan antara tiga kabel listrik-positif, netral, dan kabel ground. Dua jenis umum EMI yang dihasilkan oleh sistem listrik yaitu :
1. Common-mode noise. Noise dari radiasi yang dihasilkan oleh perbedaan antara kabel positif dan kabel ground.
2. RFI yang dihasilkan oleh komponen sistem kelistrikan, seperti radiasi kabel listrik, lampu fluorescent, dan pemanas ruang listrik. RFI bisa sangat serius yang tidak hanya mengganggu operasi komputer, tetapi juga secara permanen dapat merusak komponen yang sensitif .
Beberapa pelindung untuk mengukur kebisingan ada. Beberapa yang yang perlu diperhatikan adalah:
a. Kondisi jaringan listrik
b. system grounding ke bumi
c. pelindung kabel
d. Membatasi paparan magnet, lampu neon, motor listrik, dan pemanas ruang

Brownout
Tidak seperti listrik yang anjlok voltasenya, brownout adalah penurunan tegangan berkepanjangan yang digunakan yang dapat merusak fisik komponen elektronik yang rumit secara serius. American National Standards Institute (ANSI) mengijinkan drop 8 persen antara sumber daya dan meteran listrik di bangunan, dan izin drop 3,5 persen antara meteran dan instalasi dalam bangunan. Di New York City, fluktuasi 15 persen adalah umum, dan brownout berkepanjangan dapat menurunkan tegangan listrik lebih dari 10 persen. Selain itu, surge dan spike terjadi ketika tenaga listrik kembali normal dari brownout atau pemadaman listrik juga dapat merusak komponen. Semua peralatan komputer harus dilindungi oleh penekan surge, dan peralatan penting akan memerlukan sebuah Uninterruptible Power Supply (UPS).

Kelembaban
Kisaran kelembaban yang ideal didefinisikan sebagai 40 persen sampai 60 persen. kelembaban tinggi, yang didefinisikan sebagai lebih dari 60 persen, dapat menyebabkan masalah dengan menciptakan kondensasi pada bagian-bagian komputer. kelembaban tinggi juga menciptakan masalah dengan sambungan listrik menjadi korosi.. Proses yang mirip dengan elektroplating terjadi, menyebabkan partikel perak untuk bermigrasi dari konektor ke sirkuit tembaga, sehingga menghambat efisiensi listrik dari komponen. 
Kelembaban rendah kurang dari 40 persen meningkatkan potensi kerusakan listrik statis. Sebuah listrik statis dapat timbul dari tegangan 4.000 volt jika  pada kondisi kelembaban normal di lantai kayu atau vinyl, dan pada tegangan hingga 20.000 volt atau lebih dapat terjadi dalam kondisi kelembaban yang sangat rendah dengan karpet non-statis-bebas. Meskipun Anda tidak dapat mengendalikan cuaca, Anda pasti dapat mengontrol tingkat kelembaban relatif Anda di ruang komputer melalui sistem HVAC Anda.
Beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan listrik statis :
a. Gunakan semprotan anti static dimanapun yang mungkin
b. Ruang komputer harus memiliki lantai anti statik
c. Bangunan dan ruang komputer harus di grounded dengan baik
d. Menggunakan meja atau karpet anti statik
e. HVAC harus mampu mempertahankan tingkat kelembaban relatif di ruang komputer
Kontrol Personel Sumarna Almarogi Administrasi Personil Kontrol mencakup proses-proses administrasi yang umumnya dilaksanakan oleh departemen SDM selama perekrutan dan peme...