Daftar Jenis Kebakaran

 

Daftar tiga jenis utama kebakaran, jenis bahan mudah terbakar memberikan penilaian kelas, dan alat pemadam yang disarankan. Untuk oksidasi yang cepat terjadi kebakaran, tiga unsur harus hadir: oksigen, panas, dan bahan bakar. Setiap media penindasan kebakaran berbeda untuk setiap jenis kebakaran yang berbeda pula.
1. Air. Menekan suhu yang diperlukan untuk mempertahankan api.
2. Soda Asam. Menekan pasokan bahan bakar api
3. CO2. Menekan pasokan oksigen yang diperlukan untuk mempertahankan api
4. Halon. Sedikit berbeda menekan pembakaran melalui reaksi kimia yang membunuh api.
 
Siapa pun yang sudah pengalaman buruk membuang air di atas api minyak dalam wajan dan mengalami ledakan yang dihasilkannya tidak akan pernah perlu diingatkan bahwa bahan bakar tertentu membutuhkan metode penindasan yang sangat spesifik.

Fire Detektor
Detektor api menanggapi panas, api, atau asap untuk mendeteksi pembakaran yang panas atau produk daripadanya. Berbagai jenis detektor memiliki berbagai properti dan menggunakan sifat-sifat yang berbeda dari api untuk mengaktifkan alarm. Panas-sensing. alat indera Heat-actuated biasanya mendeteksi salah satu dari dua kondisi: 
1.) suhu mencapai tingkat yang telah ditentukan,
2) suhu meningkat dengan cepat tanpa memperhatikan suhu awal. Tipe pertama, perangkat suhu tetap, memiliki tingkat jauh lebih rendah dari positif palsu (alarm palsu) daripada yang kedua, detektor rate-of-rise.

Flame-penggerak. perangkat  yang digerakkan oleh Flame-sensing cukup mahal, karena mereka merasakan baik energi infra merah nyala atau denyut api, dan memiliki waktu respon sangat cepat. Mereka biasanya digunakan dalam aplikasi khusus untuk perlindungan peralatan berharga. Smoke Actuated. Asap api menggerakkan-alat indera yang digunakan terutama dalam sistem ventilasi; disini perangkat peringatan dini akan berguna. perangkat fotolistrik adalah diaktifkan oleh variasi dalam cahaya memukul sel fotolistrik akibat kondisi asap. Tipe lain dari detektor asap adalah perangkat Deteksi asap Radioaktif, menghasilkan alarm ketika arus ionisasi yang dibuat oleh bahan radioaktif yang terganggu oleh asap.

Alarm otomatis Dial-up Fire. Alat ini adalah tipe mekanisme respon sinyal yang memanggil pemadam kebakaran lokal atau stasiun polisi dan memainkan rekaman pesan ketika kebakaran terdeteksi. Sistem alarm sering digunakan dalam hubungannya dengan detektor api sebelumnya. Unit ini tidak mahal, tetapi dapat dengan mudah sengaja ditumbangkan/dihacked. Sistem pemadam api sistem pemadam kebakaran dalam dua cara: sistem penyiram air dan sistem gas debit. 
Sistem sprinkler Air ada dalam empat variasi:
1. Pipa basah. sistem pipa penyiram Basah selalu berisi air di dalamnya, dan juga dengan sistem kepala tertutup. Dalam implementasi yang paling umum: saat terjadi kenaikan panas ke 1650o F, fusible link di nosel mencair menyebabkan katup gerbang membuka, untuk memungkinkan air mengalir. Hal ini dianggap sebagai sistem sprinkler yang paling handal, namun kelemahan utama adalah bahwa nozzle atau kegagalan pipa dapat menyebabkan banjir air, dan pipa dapat membeku jika terkena cuaca dingin.

2. Pipa kering. Dalam sistem pipa kering, tidak ada genangan air dalam pipa. Air itu ditahan oleh katup genta. Setelah kondisi alarm api timbul, katup terbuka, udara ditiup dari pipa, dan air mengalir. Meskipun sistem ini dianggap kurang efisien,. biasanya lebih dipilih daripada sistem pipa basah untuk instalasi komputer karena penundaan waktu dapat mengaktifkan sistem komputer untuk dimatikan sebelum sistem pipa kering aktif.

3. Deluge. Sebuah sistem deluge adalah jenis pipa kering, namun volume air yang keluar jauh lebih besar. Tidak seperti kepala sprinkler, sistem banjir dirancang untuk memberikan sejumlah besar air ke daerah dengan cepat. Hal ini tidak dianggap cocok untuk peralatan komputer,  karena waktu yang diperlukan untuk kembali on-line setelah insiden.

Pra-tindakan. Untuk saat ini sistem air yang paling direkomendasikan untuk ruang komputer. Ini menggabungkan kedua sistem pipa kering dan basah, dengan pertama-tama melepaskan air ke dalam pipa ketika terdeteksi panas (pipa kering), kemudian melepaskan aliran air ketika link dalam mulut meleleh (pipa basah).
Fitur ini memungkinkan intervensi manual sebelum penuh debit air pada peralatan terjadi.Gas menggunakan sistem debit gas inert bertekanan dan biasanya dipasang di bawah lantai ruang komputer dibangkitkan. Sistem deteksi kebakaran biasanya mengaktifkan sistem pembuangan gas dengan cepat meredakan api baik di bawah lantai di daerah kabel atau seluruh ruangan. agen khas dari sistem debit gas karbon dioksida (CO2) atau Halon. Halon 1211 tidak membutuhkan sistem tekanan canggih Halon 1301 dan digunakan dalam alat pemadam portabel bertekanan diri. Dari berbagai pengganti Halon, FM-200 ini sekarang yang paling umum.

Media Penekan
Karbon Dioksida (CO2). CO2 adalah gas yang tidak berwarna dan tidak berbau sering digunakan dalam sistem penekan api dengan debit gas. Hal ini sangat efektif dalam pemadaman api karena kenyataan bahwa cepat menghilangkan setiap oksigen yang dapat digunakan untuk mempertahankan api. Pemindahan oksigen ini juga membuatnya sangat berbahaya bagi personil dan berpotensi mematikan. Hal ini terutama direkomendasikan untuk digunakan pada fasilitas komputer tanpa awak, atau jika digunakan dalam operation center berawak, deteksi kebakaran dan sistem alarm harus memberikan waktu yang cukup bagi personil  keluar atau membatalkan pembebasan CO2.

alat pemadam kebakaran Portable umumnya mengandung CO2 atau Soda Asam dan harus:
1. Terletak di pintu keluar
2. jelas penandaan untuk jenis kebakarannya
3. diperiksa secara berkala oleh petugas yang berlisensi

Halon. Pada suatu waktu, Halon dianggap sebagai metode pencegah kebakaran sempurna di pusat-pusat operasi komputer, karena kenyataan bahwa tidak berbahaya bagi eralatan, campuran secara menyeluruh dengan udara, dan menyebar sangat cepat. Manfaat menggunakan halons adalah bahwa mereka tidak meninggalkan residu cair atau padat saat habis. Oleh karena itu, mereka lebih disukai untuk daerah sensitif, seperti ruang komputer dan area penyimpanan data. Beberapa isu muncul dengan penyebarannya, Namun, seperti  tidak dapat bernapas dengan aman dalam konsentrasi yang lebih besar dari 10 persen, dan ketika digunakan pada kebakaran dengan suhu lebih besar dari 900°, akan berubah menjadi fluoride kimia-hidrogen beracun, bromida hidrogen, dan bromin. Pelaksanaan pemadam  menggunakan halogenasi  di ruang komputer harus Dirancang  dengan baik untuk memungkinkan personil dievakuasi segera ketika digunakan, apakah Halon dirilis di bawah lantai atau di atas di langit-langit.

Pada Montreal Protokol tahun 1987, Halon ditetapkan sebagai senyawa yang berbahaya bagi lingkungan karena mengandung CFC (chloro flouro carbon) yang berpeluang membuat lubang ozon. Tidak ada instalasi Halon 1301 yang baru diizinkan, dan instalasi yang ada. disarankan untuk mengganti Halon dengan pengganti tidak beracun, seperti yang ada di daftar berikut ini. peraturan federal Amerika saat ini melarang produksi Halons, dan impor dan ekspor Halons sembuh kecuali dengan izin. Ada kontrol federal pada penggunaan, rilis, dan penghapusan wajib Halon peralatan sebelum penutupan, dan pelaporan rilis Halon, disengaja atau tidak, adalah wajib.
Ada alternatif untuk Halon. Banyak pengguna besar Halon mengambil langkah-langkah untuk menghapus Halon-berisi peralatan dari semua tapi daerah yang paling kritis. Kebanyakan Halon 1211 dalam aplikasi komersial dan industri digantikan. Halon 1301 sedang disimpan untuk penggunaan masa depan Ada dua jenis halon yang digunakan Halon 1211: uap cair yang digunakan dalam alat pemadam portabe Halon 1301: gas yang digunakan dalam sistem pembanjiran tetap beberapa EPA pengganti halon :
• FM-200 (HFC-227ea) 
• CEA-410 or CEA-308 
• NAF-S-Ill (HCFC Blend A) 
• FE-13 (HFC-23) 
• Argon (IG55) or Argonite (IGOl) 
• Inergen (IG541) 
• Low-pressure water mists

pencemaran lingkungan akibat kebakaran (atau pemadamnya) dapat menyebabkan kerusakan pada sistem komputer oleh deposit partikel konduktif pada komponen. beberapa contoh kontaminan:
1. asap
2. panas
4. air
5. media pemadam


HVAC
HVAC terkadang disebut sebagai HVACR untuk penambahan mesin pendingin. sistem HVAC bisa sangat kompleks dalam bangunan tinggi modern. dan merupakan titik fokus untuk kontrol lingkungan. Seorang manajer TI harus tahu siapa yang bertanggung jawab untuk HVAC, dan langkah-langkah eskalasi jelas perlu didefinisikan dengan baik sebelum insiden lingkungan yang mengancam. Departemen yang sama sering bertanggung jawab atas api, air, dan lain respon bencana, semua yang mempengaruhi ketersediaan sistem komputer.

Kontrol Teknik dan Fisik
Berdasarkan pengelompokan secara umum, kita membahas unsur-unsur keamanan fisik yang tidak dianggap solusi khusus administrasi, meskipun mereka jelas memiliki aspek-aspek administratif. Di sini kita memiliki bidang kontrol lingkungan, perlindungan kebakaran, daya listrik, penjaga, dan kunci Kebutuhan Kontrol Fasilitas beberapa unsur yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan fisik untuk fasilitas pengendalian

Pengawal 
Pengawal adalah bentuk tertua dari pengawasan keamanan. Penjaga masih memiliki fungsi yang sangat penting dan utama dalam proses keamanan fisik, terutama di kontrol perimeter. Seorang penjaga dapat membuat keputusan yang keras atau perangkat keamanan lainnya otomatis tidak bisa membuat karena kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan kondisi yang cepat berubah, untuk belajar dan mengubah pola dikenali, dan untuk menanggapi berbagai kondisi lingkungan. Pengawal menyediakan kemampuan pencegah, tanggapan, dan kemampuan kontrol, di samping resepsionis dan fungsi pendamping. Penjaga juga merupakan sumber daya terbaik selama periode resiko keselamatan personel (mereka menjaga ketertiban, pengendalian massa, dan evakuasi), dan lebih baik dalam membuat keputusan nilai pada waktu insiden. Mereka sesuai setiap kali langsung, diskriminasi penilaian diperlukan oleh badan keamanan.

namun penjaga mempunyai beberapa kekurangan :
1.Ketersediaan. Mereka tidak bisa eksis dalam lingkungan yang tidak mendukung intervensi manusia.
2.Keandalan. skrining pra-kerja dan ikatan penjaga tidak sangat mudah.
3.Pelatihan. Penjaga dapat direkayasa secara sosial, atau mungkin tidak selalu punya daftar up-to-date untuk akses authorization.
4. Biaya. Memelihara fungsi penjaga baik secara internal atau melalui layanan eksternal mahal.

Anjing
Menggunakan anjing penjaga hampir sama tua dengan menggunakan konsep orang untuk menjaga sesuatu. Anjing yang setia, dapat diandalkan (mereka jarang memiliki masalah penyalahgunaan zat), dan memiliki perasaan yang tajam penciuman dan pendengaran. Namun, anjing penjaga terutama diterima untuk keliling kontrol fisik, dan tidak berguna sebagai penjaga manusia untuk membuat penilaian. Beberapa kelemahan tambahan termasuk biaya, pemeliharaan, dan asuransi / masalah kewajiban.

Pagar 
Pagar adalah sarana utama keliling / pembatas fasilitas kontrol akses. Kategori pagar termasuk pagar, gerbang, pintu putar, dan mantraps. pagar dan hambatan lain memberikan pengendalian massa dan membantu mencegah pelanggaran kasual dengan mengendalikan akses ke pintu masuk. Kelemahan pagar termasuk biaya, penampilannya (mungkin jelek), dan ketidakmampuannya untuk menghentikan penyusup ditentukan.

Mantraps adalah Suatu pengendalian akses fisik metode dimana pintu masuk diarahkan melalui pintu ganda yang mungkin dimonitor oleh penjaga.

Pencahayaan
Pencahayaan juga merupakan salah satu bentuk yang paling umum keliling atau batas perlindungan. Luas di luar pencahayaan pelindung dari pintu masuk atau area parkir dapat mencegah penyusup prowlers atau kasual. Kritis bangunan yang dilindungi harus diterangi hingga 8 kaki tinggi dengan 2 kaki kekuatan lilin. umum jenis penerangan termasuk lampu sorot, lampu jalan, lampu fresnel, dan sorot.

Kunci
Setelah penggunaan penjaga, kunci mungkin salah satu metode kontrol akses tertua yang pernah digunakan. Kunci dapat dibagi menjadi dua jenis: preset dan diprogram. 
1.Kunci preset. Ini adalah kunci pintu khas Anda. Kombinasi untuk masuk tidak dapat diubah kecuali dengan fisik menghapusnya dan mengganti mekanisme internal. Ada berbagai jenis kunci preset, termasuk kunci-di-tombol, tanggam, dan kunci tepi. Ini semua terdiri dari variasi kait, silinder, dan baut mati.

2.Kunci Diprogram. Kunci ini dapat berupa mekanis atau elektronik berbasis. Sebuah mekanis, kunci Programmable sering merupakan kunci kombinasi tombol khas, seperti jenis yang akan Anda gunakan di loker gym Anda. Tipe lain dari kunci programmable mekanik adalah kunci yang sama lima tombol tekan kunci yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan kombinasi angka. Ini adalah kunci yang sangat populer untuk pusat operasi TI. Programmable kunci elektronik membutuhkan pengguna untuk memasukkan pola angka pada keypad numerik-gaya, dan mungkin menampilkan angka dalam urutan acak setiap kali untuk mencegah bahu surfing untuk pola input. Ia juga dikenal sebagai kunci sandi atau kontrol akses keypad.
Daftar Jenis Kebakaran Sumarna Almarogi Daftar tiga jenis utama kebakaran, jenis bahan mudah terbakar memberikan penilaian kelas, dan alat pemadam yang disarankan. Untuk oksidasi...