Crumbing Down

 

Crumbing down adalah membersihkan sisa-sisa makanan (crumbs) ataupun jenis kotoran yang lain di atas meja tamu, pada saat pelayanan. Biasanya hal ini dilaksanakan setelah piring makanan pokok (main course) dan piring roti (bread & butter plate) diambil (clear-up) dan sudah tentu sebelum makanan penutup (dessert) disuguhkan. Alat-alat perlengkapan yang diperlukan untuk crumbing down adalah dessert plate dan Service cloth.
Cara melakukan crumbing down
Cara melakukan crumbing down

Cara melakukan crumbing down
1.Lipatlah Service cloth menyerupai bantal (pad). Peganglah service cloth yang terlipat tersebut pada tangan kanan.
2.Peganglah dessert plate dengan tangan kiri.
3.Dekatilah tamu dari sebelah kirinya (mulai dari tamu putri dan lakukanlah berlawanan dengan arah jarum jam ke seluruh meja).
4.Pindahkan kotoran (crumbs) dari sebelah kiri samping.
5.Pindahkan dessert plate sejajar dengan permukaan meja.
6.Dengan mempergunakan tangan kanan yang dilengkapi dengan service cloth, pindahkan kotoran di atas meja ke dessert plate.
7.Pindahlah dessert fork ke sebelah kiri cover.
8.Pindahkan ke sebelah kanan tamu dan lakukanlah hal yang sama dan ambillah dessert spoon dan letakkan di sebelah kanan cover.
9.Lakukan crumbing down tersebut ke seluruh tamu, yang berada pada meja tersebut dengan gerakan yang berlawanan dengan arah jarum jam.
10.Karena keadaan tempat duduk tamu:maka kadang-kadang hanyadimungkinkan untuk mengadakan “Crumbing down” dari satu arah
11.saja sehingga walaupun demikian bersihkanlah kotoran yang terdapat di atas meja sebersih-bersihnya.
12.Crumbing down bukan saja dilakukan setelah clearing-up makanan pokok, tetapi bisa dilakukan setiap saat jika perlu.
13. Yakinkan tidak ada crumb yang jatuh ke lantai.
Crumbing Down Sumarna Almarogi Crumbing down adalah membersihkan sisa-sisa makanan (crumbs) ataupun jenis kotoran yang lain di at...