Uraian Penyelenggaraan Banquet

 



     Penanganan dalam pelayanan banquet  di mulai sejak pelanggan dan petugas Banquet  pertama kali bertemu hingga pada akhir penyelenggaraan pesta, termasuk  pula penyelesaian pembayaran. Proses tersebut dibagi atas beberapa tahap yaitu:
A.  Sebelum Penyelenggaran
  1. Pada saat penawaran dan permintaan suatu event, pihak  Banquet menawarkan berbagai produk pelayanan dengan berbagai fasilitas disertai rincian biayanya. Pihak pelanggan akan memilih produk yangditawarkan oleh pihak Banquet sesuai dengan keinginanya.
  2. Kedua belah pihak akan saling mengadakan pendekatan, dalam hal ini pihak diwakili oleh Banquet sales dan representative atau Banquet manager. Sedangkan pelanggan diwakili oleh tuan rumah atau panitia pelaksana. Pendekatan ini dilakukan untuk mencapai kesepakatan yang nantinya technical meeting sebelum acara berlangsung yang melibatkan berbagai pihak terkait baik dari pihak hotel sendiri maupun dari pihak  pelanggan.
  3. Menandatangani surat perjanjian setelah dicapai kesepakatan bersama,kedua belah pihak menandatangani surat perjanjian berisi hak dankewajiban masing-masing pihak.
  4. Memelihara kesepakatan dengan komunikasi, mulai dari saat penandatangani perjanjian sampai dengan hari acara berlangsung, biasanya terbentang waktu yang cukup lama selama waktu tersebut,kedua belah pihak saling berkomunikasi beberapa kali ada penambahanatau pengurangan yang mungkin terjadi.
B. Saat Pelaksanaan Acara
     Tahap ini merupakan saat yang dinantikan oleh pelanggan atas dasar kesepakatan yang telah dibuat bersama. Pelaksanaan ini bukannya tanpa kendala,misalnya jika ada perubahan yang mungkin timbul dari pihak pelanggan. Jika perubahan tersebut sifatnya tidak prinsipal mungkin tidak menjadi masalah, akantetapi jika tejadi sebaliknya maka akan menjadi masalah yang mengganggu.Karena itu perjanjian sebagai dasar kesepakatan bisa dijadikan pedoman dalamsetiap penyelesaian masalah yang mungkin terjadi. Urutan tahapan ini adalahsebagai berikut:
  1. Preperation(Persiapan menjelang pelaksanaa)
  2. Service (pada saat acara berlangsung)
  3. Clear up (begitu acara selesai segera dibersihkan dan dirapikan kembali seperti semula)
C. Tahapan Setelah Selesai Acara
     Setelah acara selesai, sejumlah rekening harus deselesaikan oleh pihak pelanggan, penyelesaiannya dapat dalam bentuk pembayaran kantor, trasnsfer  bank, dan credit card.
         Tahap ini merupakan saat yang tepat bagi Banquet untuk menerima segala keluhan dan masukan dari pihak pelanggan untuk menerimasegala keluhan dan masukan dari pihak pelanggan untuk perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan dan produk. Ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan ucapan terima kasih dan terpilihnya tempat penyelenggaan sekaligus mengingatkan pelanggan.


Uraian Penyelenggaraan Banquet Sumarna Almarogi      Penanganan dalam pelayanan banquet  di mulai sejak pelanggan dan petugas Banquet  pertama kali bertemu hingga pada akhir penyelengg...