Pengertian Banquet

 

         Sebelum kita menguraikan lebih jauh tentang Banquet, maka perlu dijelaskan pengertian banquet terlebih dahulu. Banquet merupakan outlet Food & Beverage Departemen yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan makan yang diselenggarakan di hotel, baik itu diselenggarakan oleh pihak hotel itu sendiri maupun oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan di hotel tersebut.
Menurut Pendapat Sukardi (1981), “pengertian banquet adalah pelayanan khusus suatu jamuan atau suatu cara dimana pelayanan tersebut berbeda atau terpisah dengan pelayanan yang ada di restoran, coffee shop atau grill room”.
Berdasarkan kamus pariwisata dan perhotelan, pengertian Banquet adalah suaturesepsi mewah yang diadakan di ruangan khusus dari hotel, denganmenyediakan makanan mewah dan juga fasilitas lainnya. Menurut Putra (1998), pengertian anquet merupakan outlet Food and Beverage Departement  yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel.
Sedangkan menurut R Sukardi, pengertian banquet adalah pelayanan khusus suatu jaminan atau acaradimana pelayanan tersebut berbeda atau terpisah dengan pelayanan yang adadi restaurant, coffee shop, atau grill room.
Awalnya hotel tidak menyediakan fasilitas ruangan khusus yangmempunyai kemampuan untuk menampung orang banyak yang akan melakukankegiatan perjamuan di hotel, ini dikarenakan ruangan pertemuan atau ruangan rapat bila ditinjau secara ekonomis dianggap kurang menguntungkan jika hotel harusmenyediakan ruangan besar, dengan peralatan dan pelayanan yang hanya digunakan pada waktu tertentu.
Sejarah Banquet dilatarbelakangi oleh kodrat manusia yang saling berinteraksi yang pada masa dahulu kaum perancis, keluarga maupun kerabatkaisar, sering kali menyelenggarakan acara berkumpul sambil makan enak diantara kelompoknya masing-masing. Mereka mengundang para relasinya untuk  berkumpul bersama-sama dengan makanan yang tersedia.
Banquet merupakan sarana yang tidak jauh berbeda dengan restoran baik  perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja Banquet tidak menyediakan sajian secara permanen seperi restoran, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan berbagai bentuk  jaminan.
Bentuk-bentuk jamuan yang diselenggarakan di hotel ditinjau dari beberapa sudut:
Berdasarkan bentuk dan sudut (macam- macam bentuk banquet)
Ada 2 macam bentuk banquet yang pembagianya didasarkan : Universitas Sumatera Utara
Jamuan formal (jamuan resmi)
Jamuan makan resmi dapat dibagi:
Jamuan makan resmi (Formal Meal / yang bersifat profesional. Contohnya:
  1. Konferensi, baik yang bersifat nasional dan internasional
  2. Pertemuan dan rapat organisasi 
  3. Pameran
Pameran makan resmi kenegaraan yaitu upacara resmi kenegaraan.
Sit down dinner
Jamuan ini menyediakan makanan lengkap serta minuman. Untuk pesta yang ekslusif disediakan anggur untuk setiap jenis makanan. Tamu duduk di kursi menghadap meja makan dengan bentuk yang bermacam-macam. Pelayanan disesuaikan dengan menu dan tujuan jamuannya, seperti American Service, Russian service maupun French Service.
Buffet Party
Jamuan ini tamu duduk di kursi dan menghadap meja makan, namun hidangan dipajangkan di atas meja Buffet. Tamu akan mengambil makanan sendiri.

Pengertian Banquet Sumarna Almarogi          Sebelum kita menguraikan lebih jauh tentang Banquet, maka perlu dijelaskan pengertian banquet terlebih dahulu. Banquet merupakan o...