Jobdiscription Porter/Concierge

 

Adapun Jobdiscription Porter/Concierge adalah sebagai berikut : 
Menangani barang-barang bawaan tamu mulai dari saat check-in sampai pada saat check-out. Barang-barang tersebut di adakan pengecekan dan pemberian tanda didepan pintu utama masuk hotel agar tidak terjadi ketinggalan barang dibagasi mobil dan dibawa langsung menuju ke meja pendaftaran (Reception/Registration Desk). Sementara itu ia menunggu tamu yang sedang melaksanakan pendaftaran untuk mendapatkan kamar dan selalu siap sewaktu-waktu tamu memerlukan bantuan. Selesai tamu mendaftar, barang-barang tamu diantar sampai ke kamar. Ia sedikit mendahului tamu untuk membukakan lift maka tamu dipersilahkan tamu masuk terlebih dahulu. Demikian pula bila hendak keluar dari lift maka tamu dipersilahkan keluar terlebih dahulu selanjutnya bellboy dan tamu menuju kamar tamu yang akan ditempati. Bellboy harus membukkan pintu kamar tamu kemudian mengecek keadaan semua kamar, menghidupkan lampu, membukakan korden, menghidupkan AC dan lain-lain. Meletakkan barang bawaan tamu dengan tepat sesuai dengan tempat meletakkan barang bawaan tamu lalu menjelaskan semua fasilitas kamar tamu dan cara pengunaannya. Bila telah selesai tinggalkan kamar tamu dan mengucapkan selamat beristirahat, menutup pintu kamar.

Setelah selesai bellboy yang memproses administrasi yang ada di porter/concierge sebagai laporan telah melaksanakan tugas pada Errand Card. Apabila mendapatkan order tamu menginginkan pindahan kamar, maka prosedurnya tamu menelpon ke kantor depan hotel bahwa tamu menginginkan pindahan kamar dengan alasan tertentu lalu mendapatkan persetujuan dari Front Office Manajer dan departemen yang bersangkutan dan prosedur penanganan barang-barang bawaan sesuai dengan SOP perusahaan. Waktu tamu akan melakukkan keberangkatan bellboy menurunkan barang bawaan tamu dari kamar tamu ke kantor depan hotel/lobby maka bellboy yang bersangkutan mengecek pada kasir kantor depan, apakah tamu sudah melalukan pembayaran atau belum. Biasanya, apabila tamu belum menyelesaikan pembayaran maka tamu dipersilahkan untuk menyelesaikan pembayaran di kasir kantor depan hotel.
Selanjutnya, barng-barang tamu tersebut dibawa sesuai dengan permintaan tamu : dinaikan ke mobil/taksi, disimpan di porter room, atau disimpan sementara karena tamu masih ada keperluan lain. Bilamana tamu langsung melakukan check-out langsung maka barang-barang langsung dinaikkan ke mobil. Bellboy harus mengecek dan memberitahukan jumlah barang bawaan tamu, bellboy selanjtnya mengisi check-out report.
Jobdiscription Porter/Concierge Sumarna Almarogi Adapun Jobdiscription Porter/Concierge adalah sebagai berikut :   Menangani barang-barang bawaan tamu mulai dari saat check-in sa...