Sejarah Hotel Modern

 

Sejarah hotel modern mungkin dimulai pada abad ke-18, di kota-kota besar Eropa dan Amerika, mulai bermunculan banyak hotel semacam Hotel Covent Garden,  dirikan tahun 1774 , selain memiliki fasilitas lengkap—untuk zamannya—dan jumlah kamar yang banyak, berdampingan langsung dengan bioskop dekat Westminsfer di London.Di abad ini juga ada pula hotel yang terkenal City Hotel di New York dengan kapasitas 170 kamar yang didirikan pada 1794.

Industri perhotelan berkembang pesat pada abad ke-19. Hotel-hotel modern mulai didirikan di banyak kota besar, semacam London, Paris, New York, Boston, San Fransisco, dan lainnya. Para pemilik hotel tidak lagi sekedar menawarkan paket pelayanan tempat tinggal sementara, namun juga menyediakan tempat pertemuan dan konferensi.

Sejarh hotel juga menglami perkembangan pada abad ke-19, Bermunculan banyak hotel dengan pengertian khusus, contohnya adalah hotel untuk business travellers semisal Ellsworth Milton Statler Hotel di New York , didirikan tahun 1880. Hotel ini pun merupakan chain hotel alias jaringan hotel pertama dalam sejarah di muka bumi. Kemudian muncullah Hotel mewah semacam  Waldorf-Astoria (dibangun 1896) di New York dan The Brown Palace di Denver, Colorado. Dalam catatan sejarah kedua hotel memeiliki tingkat kunjungan tertinggi di Amerika masa itu.

Sejarah dan pengertian hotel pada abad ke-20, setelah Perang Dunia I berakhir, jumlah hotel semakin banyak seiring perkembangan transportasi massal. Banya Hotelbaru ini banyak didirikan di sekitar pusat-pusat bisnis. Berkembangnya dunia pariwisata di dunia membuat kelahiran hotel-hotel resort yang menawarkan paket penginapan sekaligus akomodasi.

Dalam perkembangan sejarah hotel selanjutnya, industri hotel di Amerika Serikat mulai melebarkan sayapnya ke luar negeri dengan menggunakan sistem franchise. Kemudian lahirlah jaringan hotel besar di bawah berbagai perusahaan besar contohnya yang paling terkenal adalah Hilton, Hyatt, JW Marriots.
Sejarah Hotel Modern Sumarna Almarogi Sejarah hotel modern mungkin dimulai pada abad ke-18, di kota-kota besar Eropa dan Amerika, mulai bermunculan banyak hotel semacam Hotel Co...