Tips Agar Kamar Hotel Aman Saat Ditinggal

 

Tinggal di hotel dengan pengamanan tinggi dan kunci yang terkode khusus, ternyata tak menjamin kamar yang Anda tinggal sementara akan aman. Ada saja cara orang untuk berbuat jahat, seperti diam-diam masuk ke kamar dan mencuri barang Anda.

Tapi tak perlu kuatir. Anda pun punya 1.001 cara untuk mencegah kejahatan ini. Dari buku The Lonely Planet Book of Everything yang dikutip oleh News Australia, Jumat (30/11/2012), inilah 4 langkah jitu agar kamar Anda tetap aman meski ditinggal jalan-jalan:

1. Cek barang-barang berharga

Sebelum berangkat liburan, buatlah daftar barang-barang berharga yang Anda miliki. Catat juga model dan nomer seri yang ada di barang Anda. Jangan lupa untuk mengambil foto barang berharga Anda!

Setelah dicatat, buat pula kopi-an catatan Anda ini, dan simpan di banyak tempat di dalam rumah. Selain itu, Anda juga boleh juga mempertimbangkan untuk mengansuransikan barang-barang berharga.

2. Pastikan keamanan kamar hotel

Ketika memilih kamar hotel, pastikan kalau pintu masuk kamar hotel Anda berada dalam kondisi yang baik. Sebaiknya Anda juga mengecek bagaimana sistem keamanan hotel, termasuk kamera pengintai.

Semua hal ini mungkin terdengar berlebihan, tapi ingatlah kalau traveler adalah target utama para perampok. Jadi Anda harus berhati-hati!

3. Siapkan semua hal

Ketika akan meninggalkan kamar hotel untuk jalan-jalan, pastikan lampu kamar tetap menyala. Anda juga boleh membiarkan televisi dan radio kamar menyala.

Pastikan juga Anda telah menutup seluruh jendela, pintu, termasuk pintu balkon agar orang luar tidak bisa melihat bagian dalam kamar.

Jika Ada telepon di dalam kamar, kecilkan volume dering seminimal mungkin. Jadi orang lain tidak bisa mendengar ketika telepon berdering.

Rapikan barang-barang bawaan Anda masuk ke dalam koper sebelum Anda meninggalkan kamar. Jika memiliki kunci, sebaiknya kunci juga koper Anda. Jadi, kalau ada orang lain yang masuk ke dalam kamar Anda, ia tidak akan menemukan apapun.

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan jika ingin meninggalkan kamar hotel adalah jangan kembalikan kunci kamar Anda ke meja resepsionis ketika akan meninggalkan hotel. Ini sama saja dengan Anda memberitahu banyak orang yang melihat kalau akan meninggalkan hotel. Berbahaya!

Pastikan juga Anda menjaga barang-barang berharga dengan sangat baik. Jangan pernah meninggalkan uang, perhiasan atau paspor di dalam kamar hotel. Kalau pun memang harus meninggalkan, pastikan Anda telah menyimpannya di tempat yang tersembunyi.

Namun, biasanya hotel meletakkan brankas yang bisa digunakan oleh tamu. Anda boleh memanfaatkan fasilitas ini, dengan menyimpan barang-barang berharga di dalam brankas. Terakhir, jika Anda mencurigai seseorang, segera beri tahu reseprionis.

4. Tetap jaga keamanan saat di dalam kamar

Tindakan waspada tetap harus dilakukan meski Anda berada di dalam kamar. Salah satunya adalah mengunci pintu kamar dengan baik. Jika ada seseorang yang mengetuk kamar dan Anda tidak mengenalnya, jangan pernah membuka pintu.

Untuk menambah keamanan, letakkan pengganjal di balik pintu kamar, misalnya kursi. Jadi, kalau ada orang jahat tidak bisa memaksa masuk ketika Anda sedang tertidur lelap.

Anda juga bisa membuat alarm sendiri sebagai tanda peringatan. Misalnya dengan meletakkan gelas atau benda lain yang bisa berbunyi ketika pintu dibuka.

Nah, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah simpan ATM, kartu kredit dan uang di tempat yang terpisah ketika Anda tidur.

5. Segera hubungi keamanan saat terjadi perampokan

Seburuk-buruknya kemungkinan adalah kamar Anda kerampokan. Ketika mengetahui hal itu, segera keluar kamar. Mungkin saja pencuri masih berada di sekitar Anda. Selanjutnya hubungi keamanan hotel dan polisi.

Tips Agar Kamar Hotel Aman Saat Ditinggal Sumarna Almarogi Tinggal di hotel dengan pengamanan tinggi dan kunci yang terkode khusus, ternyata tak menjamin kamar yang Anda tinggal sementara akan...