Pengenalan Dapur

 

Dalam kamus Webster’s Third Internaational Dictionary, disebutkan pengertian dapur sebagai beikut. “Kitchen is a room or other space (as a wall area or special building) with facilities for cooking”. Dengan singkat dapat diartikan bahwa sebuah dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan. Ruangan khusus artinya bahwa ruangan yang mempunyai ciri-ciri berbeda dengan ruangan lain. Ciri tersebut adalah:
  1. Ruangan dapur terpisah dari ruangan yang lain dan tidak berhubungan dengan alam bebas. Ruangan yang dekat dengan dapur adalah ruangan gudang tempat penyimpanan bahan makanan dan ruang restoran tempat menyajikan makanan. Pada pintu dan jendela yang menghubungkan dapur dengan alam bebas perlu dipasangi kawat kasa yang mencegah masuknya serangga melalui pintu dan jendela, hanya udara segar dari alam yang masuk ke dalam ruangan. Pintu dapur dirancang dengan baik dan dapat tertutup sendiri sehingga pintu dapur selalu dalam keadaan tertutup.
  2. Lantai dapur dibuat dari bahan yang kedap air dan tidak licin. Lantai yang kedap air tidak akan menyerap air sehingga lantai tidak becek. Lantai becek adalah tempat baik bagi bakteri untuk berkembang biak. Disamping tidak sehat juga tidak sanitasi. Bahan lantai tidak boleh licin sehingga karyawan Dapur merasa aman bekerja dan tidak mudah terpeleset atau jatuh.
  3. Tembok dapur dilapisi dengan bahan yang kedap air dan mudah dibersihkan, dipasang mulai dari lantai sampai ke plafon. Dengan bahan tersebut tembok tidak menyerap air termasuk air kotor dan juga selalu dapat dibersihkan. Warna tembok sebaiknya dipilih warna yang cerah.
  4. Plafon dapur dibuat datar dengan warna cerah. Plafon yang datar lebih mudah dibersihkan daripada plafon yang banyak lekukan dan banyak variasi.
  5. Dapur memiliki penerangan yang cukup dan mampu menerangi sampai ke segala sudut. Apabila sumber penerangan berasal dari lampu penerang, maka lampu penerang ini tidak menimbulkan bayang-bayang. Dengan penerangan yang cukup, karyawan dapur dapat melihat dengan jelas dan sehat.
Bagian-bagian dapur sebagai tempat mengolah makanan perlu dirancang seperti diatas untuk dapat menjaga dapur tetap bersih dan aman. Dengan demikian, dapur dapat berfungsi dengan baik, memproduksi makanan yang sehat, bersih dan aman untuk dimakan atau disajikan kepada pelanggan.


Pengenalan Dapur Sumarna Almarogi Dalam kamus Webster’s Third Internaational Dictionary, disebutkan pengertian dapur sebagai beikut. “Kitchen is a room or other space (as a ...