Jenis-Jenis Alat Pembayaran

 


Ada beberapa jenis alat pembayaran yang umumnya diterima di hotel :

1. Uang Kontan (Cash)
alat bayar ini berupa uang rupiah atau mata uang asing yang telah ditentukan oleh hotel, dengan nilai tukar yang juga sudah ditentukan pula oleh hotel tersebut.

2. Kartu Kredit (Credit Card)
jenis kartu kredit yang bisa digunakan untuk pembayaran total ditentukan oleh hotel. Jadi tidak semua produk kartu kredit dari bank dapat digunakan disetiap hotel. Kartu kredit yang umumnya berlaku di hotel-hotel adalah Visa Card, Master Card, Amex Card, Dinner's Card, BCA Card, dan lain lain.

3. Surat Jaminan (Guarantee Letter)
alat bayar ini merupakan surat jaminan yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan atau instansi. Masa berlaku surat jaminan tergantung dari perusahaan atau bank penerbitnya. Oleh karena itu, pihak hotel perlu mempertimbangkan berapa lama tamu akan menginap dan menggunakan fasilitas hotel dengan nilai jaminan dari guarantee letter yang diberikan tamu.

4. Voucher
alat bayar ini dikeluarkan oleh travel agent yang sudah mengadakan kerja sama dengan pihak hotel. Alat bayar ini bisa digunakan apabila pihak hotel dan pihak travel agent sudah mengadakan perjanjian yang disertai dengan harga Harga berlaku selama tidak ada perubahan. Kerjasama pihak hotel dengan travel agent tidak berlaku apabila pihak travel agent menunggak pembayarannya atau pihak hotel mengubah harga kontrak yang tidak disetujui pihak travel agent.
Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila menggunakan alat pembayaran jenis ini adalah:
a. Masa berlaku voucher;
b. Layanan yang diberikan;
c. Ada atau tidaknya kontrak kerjasama; dan
d. Tanda tangan di voucher harus sesuai dengan tanda tangan dan nama petugas travel agent atau sesuai dengan kontraknya.


Jenis-Jenis Alat Pembayaran Sumarna Almarogi Ada beberapa jenis alat pembayaran yang umumnya diterima di hotel : 1. Uang Kontan (Cash) alat bayar ini berupa uang rupiah atau mat...