Etika Dalam Perjamuan Makan

 

1. Tutuplah buku menu ketika anda sudah memilih. Pelayan (waiters) tidak akan datang apabila buku menu anda masih terbuka atau ketika anda masih iseng melihat-lihat menu yang ditawarkan.

2. Meletakan lap tangan di atas paha atau di depan dada sebelum pelayan menghidangkan makanan.

3. Meletakan lap tangan dengan rapi di samping piring atau di atas kursi tempat duduk (untuk perempuan) ketika harus meninggalkan meja ditengah-tengah hidangan.

4. Menutup mulut dengan tangan atau lap tangan ketika akan mencabut tulang ikan dari mulut.

5. Ketika memakan hidangan pembuka yang harus menggunakan tangan, cuci tangan di mangkuk yang sudah disediakan sebelum diseka dengan lap tangan.

6. Ketika anda menuangkan air minum atau anggur ke dalam gelas anda, dan itu artinya akan menghabiskan isi botol yang tersedia, selalu tawarkan pada yang lain untuk berbagi dengan anda.

7. Letakan garpu dan pisau berdampingan secara horizontal diatas piring dengan pegangan terletak di sebelah kanan dan mata pisau Mata pisau menghadap ke diri anda. Posisi garpu dan pisau seperti ini akan memudahkan pelayan untuk mengangkat piring dan memegang pisau dan garpu secara bersamaan (agar tidak jatuh dari piring).

8. Selalu mengucapkan terimakasih ketika pelayan mengangkat piring kotor anda.



Etika Dalam Perjamuan Makan Sumarna Almarogi 1. Tutuplah buku menu ketika anda sudah memilih. Pelayan (waiters) tidak akan datang apabila buku menu anda masih terbuka atau ketika anda...